pemkab muba pemkab muba pemkab muba pemkab muba pemkab muba
Lahat

Cik Ujang Saksikan Pelantikan Pj. Gubernur Sumsel

390
×

Cik Ujang Saksikan Pelantikan Pj. Gubernur Sumsel

Sebarkan artikel ini
pemkab muba pemkab muba

Lahat – Bupati Lahat H. Cik Ujang SH menghadiri pelantikan Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan di Sasana Bhakti Praja (SBP) Lantai 3 Gedung C Kemendagri, Jalan Medan Merdeka Utara No. 7 Jakarta Pusat, Senin (2/10/2023).

Bupati Cik Ujang mengucapkan selamat dan sukses atas dilantiknya Dr. Drs. Agus Fatoni M.Si sebagai Pj. Gubernur Sumatera Selatan.

Selain sempat berfoto bersama dengan Pj. Gubernur Sumsel, Cik Ujang melalui foto yang dikirim ke media ini sempat bertemu Mendagri Tito Karnavian.

Cik Ujang sendiri siap bersinergi dengan Pj. Gubernur Sumsel dan menjalankan program-program yang direncanakan.

Sementara berdasarkan profil, Agus Fatoni sendiri putra asli Lampung yang lahir di Bahuga Way Kanan Lampung pada 6 Juni 1972. Agus Fatoni menghabiskan masa pendidikan Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di kampung halaman, sedangkan masa SMA harus pindah ke Bandar Lampung.

Lulus SMA, Agus Fatoni mendaftar ke Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri (STPDN) yang kini jadi Institut Pendidikan Dalam Negeri (IPDN) dan lulus menyelesaikan program D3 di STPDN Jatinangor tahun 1994. Setelah itu, dia kemudian melanjutkan pendidikan Sarjana (S1) jurusan Kebijakan Pemerintah Institut Ilmu Pemerintahan (IIP) Jakarta lulus tahun 1999.

Agus Fatoni juga menyelesaikan pendidikan Magister (S2) Ilmu Pemerintahan di Universitas Padjadjaran lulus tahun 2003, dan Doktor (S3) Ilmu Pemerintahan di Universitas Padjadjaran lulus tahun 2009.

Agus Fatoni sendiri menikah dan mempunyai tiga anak, salah satunya mengikuti jejak sebagai Praja IPDN pada 2022.

Kariernya di dunia birokrasi pemerintahan bermula sebagai Ajudan Gubernur/Kepala Daerah Tingkat I Lampung pada 1995-1997. Setelah itu, sebagian kariernya dihabiskan di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Jabatan terbarunya sebagai Direktur Jenderal Bina Keuangan Daerah sejak 12 Maret 2022.

Agus Fathoni pernah jadi Penjabat Sementara (Pjs) Gubernur Provinsi. Tugas itu diembannya pada 2020 ketika Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menunjukkan sebagai Pjs. Gubernur Sulawesi Utara. Upacara penyerahan surat keputusan dilaksanakan oleh Mendagri kepada Fatoni dilaksanakan Jumat 25 September 2020, bertempat di Kementerian Dalam Negeri.

Agus Fatoni menjabat mulai tanggal 26 September 2020 sampai dengan tanggal 5 Desember 2020. Dia menggantikan sementara posisi Gubernur Olly Dondokambey yang saat itu melaksanakan cuti kampanye Pilkada Provinsi Sulawesi Utara. (Sfr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *