oleh

Cik Ujang Promosikan Nikmatnya Lemang Lahat

LAHAT – Bupati Lahat, Cik Ujang, SH terus berupaya mengenalkan dan mengajak seluruh masyarakat Lahat untuk mencintai dan menjaga peninggalan baik itu sektor budaya, seni, adat istiadat, wisata termasuk juga kuliner dan salah satunya lemang.

Dikatakannya makanan yang terbuat dari ketan bercampur bersama santan kelapa, garam bisa juga ditambah pisang atau durian lalu dimasukan kedalam bambu kemudian dibakar dengan bara api. Metode memasak seperti ini menimbulkan cita rasa dan aroma sangat khas sebagai makanan khas Lahat yang perlu dijaga. Lebih dari itu, mekananan yang satu ini sangat enak dan bisa bikin perut kenyang.

“Apa lagi kalau dicampur kopi. Enak nian rasonya,” ujar Cik Ujang, saat menyambangi penjual lemang di Desa Tanjung Sirih, Kecamatan Pulau Pinang, Kabupaten Lahat, Jumat (13/5/2022).

Mengajak serta Ketua TP PKK Kabupaten Lahat Ny.Lidyawati Cik Ujang.S.Hut dan kepala OPD di lingkungan Pemkab Lahat, bagi masyarakat Lahat lemang juga menjadi sajian di hari-hari besar termasuk saat ada hajatan.

“Nah bagi warga di luar Lahat jika berkunjung ke Lahat. Jangan lupa beli lemang dan salah satu tempatnya di Tanjung Sirih. Bagus juga untuk ole ole,” sampainya.

Cik Ujang sendiri mengapresiasi warga yang saat ini terus melestarikan lemang dan berjualan lemang. Dengan begitu, lemang akan selalu ada. Dirinya juga berharap, penjual lemang yang ada saat ini dapat mewariskanya ke anak cucu.

“Sebatang lemang Rp10 ribu pak. Dan bisa untuk dua orang. Pasca lebaran cukup rame terlebih para perantau dari Lahat yang banyak beli,” ujar Lis Salah, satu penjual lemang. (Sfr)

Komentar

Berita Lainnya