oleh

Cek Kesehatan Penyelengara Pemilu, Pemkab Muba Kerahkan Tim Kesehatan

MUBA I Penghitungan suara pada Pemilihan Umum (Pemilu) yang cukup panjang dan melelahkan telah memakan korban jiwa disejumlah daerah. Bahkan, hingga kini proses penghitungan masih berlangsung, baik ditingkat TPS maupun Kecamatan.

Hal itu tentunya menguras stamina para penitia, baik Panitia Pemungutan Suara (PPS) maupun Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Untuk mengatisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, Pemkab Muba Melalui Dinas Kesehatan Muba, menurunkan tim medis disetiap kecamatan guna melakukan pemeriksaan kesehatan petugas.

“Tim (kesehatan) sudah turun dibeberapa kecamatan. Tim ini melakukan pemeriksaan dini terhadap kondisi kesehatan para perugas KPPS dan PPK,” ujar Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex Melalui Plt Kepala Dinas Kesehatan Muba, Azmi Dariusmansyah, Selasa (23/4/2019).

Pemeriksaan kesehatan ini juga sebagai tindak lanjut dari Surat Edaran yang dikeluarkan Kementerian Kesehatan No: HK.02.02./III/1681/2019 tentang Penyelenggaraan Pelayanan Kesehatan Bagi Petugas KPPS/PPK yang Memerlukan Pelayanan Kesehatan di Fasilitas Pelayanan Kesehatan.

Selain petugas PPS dan PPK, pemeriksaan kesehatan juga dilakukan terhadap petugas keamanan, baik itu TNI, Polri, hingga Hansip yang selama ini telah bertugas baik sebelum maupun setelah pemiliha berlangsung.

“Dari hasil pemeriksaan, banyak petugas yang merasa kelelahan akibat kurang istirahat. Pemeriksaan ini kita lakukan hingga proses Pemilu selesai,” jelas dia.

Dikatakan Azmi, bagi anggota yang hanya mengalami kelelahan biasa diberikan vitamin oleh petugas. Namun, bagi yang mengalami kelelahan berat diberikan obat dan diminta untuk beristrahat.

“Di semua kecamatan kita lakukan, kita prediksi Kecamatan Sekayu paling lama (penghitungan), jadi disana didampingi petugas Puskesmas dari Lumpatan. Untuk di KPU ada petugas kesehatan dari Puskesmas Balai Agung,” terang dia.

Terpisah, Ketua PPK Kecamatan Sekayu, Suadi Ikhyar, mengatakan, pihaknya menyambut baik adanya tim kesehatan yang diturunkan untuk melakukan pemerikaaan kondisi anggota PPK maupun PPS.

“Kita menyambut baik dan senang kalau ada tim kesehatan, proses ini masih lama. Sudah banyak anggota kita kelelahan. Jangan sampai seperti di daerah lain. Intinya kita senang, silahkan datang dan periksa kesehatan kita,” tandas dia.(Romi)

Komentar

Berita Lainnya