oleh

Cegah ISPA Dinkes Kota Pagaralam Bagikan Masker

Pagaralam | Dinas Kesehatan Kota Pagaralam, membagikan sebanyak 4000 masker bagi warga yang terdampak kabut asap sebagai langkah mengatasi penyakit Infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) akibat pencemaran udara karena kabut asap.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) kota Pagaralam, Desi Elviani mengatakan, kabut asap berasal dari kebakaran hutan dan lahan dibeberapa wilayah mulai datang menyelimuti Kota Pagaralam, meski masih tipis namun berpotensi mengganggu kesehatan terutama pernapasan.

“Pembagian masker dimaksudkan untuk upaya preventif terhadap dampak dari kabut yang mulai meningkat,” tuturnya.

Lanjut Desi, ada sebanyak 4 ribu masker yang dibagikan secara bertahap di titik-titik keramaian, seperti di pertigaan dan perempatan Lampu Merah dan di Kecamatan Dempo Selatan yang masuk kategori dampak Asap.

“4 ribu kita bagikan masker di Dua lokasi berbeda untuk masyarakat,  secara cuma-cuma,” ujarnya.

Memang belum ada hingga saat ini untuk kunjungan masyarakat yang terganggu kesehatannya karena penyakit ISPA di puskesmas atau tempat kesehatan lainnya

Namun, melihat dari kondisi yang terjadi saat ini, di mana penyakit ISPA untuk wilayah Pagaralam belum diKategorikan bahaya tapi kita antisipasi seiring makin masifnya kiriman kabut asap dari daerah tetangga, hal itu membuat Dinkes kota langsung mengambil tindakan untuk membagikan masker.

Saya menghimbau masyarakat kota Pagaralam agar mengurangi aktifitas diluar rumah apabila kabut asap sudah terasa pada pernapasan dan apabila ada aktifitas diluar agar memakai masker.(Digo)

Komentar

Berita Lainnya