oleh

Cara Kodim 0405/Lahat Jaga Ketahanan Pangan di Tengah Pandemi COVID-19

LAHAT – Komando Distrik Militer (Kodim) 0405/Lahat menggalakkan penanaman padi dan palawija seperti jagung, terong, cabe, juga sejumlah jenis sayuran. Hal ini tidak lepas untuk memenuhi ketahanan pangan saat masa pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

Tak hanya sayuran, ternak ikan juga tak luput dari pengembangan yang dilakukan oleh aparat TNI ini.

Dandim 0405/Lahat, Letkol Kav Sungudi SH MSI melalui Pasi Ter, Kampten Inf Sudarno menjelaskan, untuk wilayah di sekitar area Makodim/0405 Lahat, terdapat lahan seluas 10 hektar yang digunakan menjadi lahan persawahan. Lahan tersebut digarap oleh masyarakat dengan keuntungan bagi hasil.

“Yang diterima oleh Kodim langsung diserahkan ke Bulog Lahat. 10 Hektar itu berada di empat lokasi berbeda beda,” ungkapnya, Rabu (8/7/2020).

Ditegaskannya, bukan hanya di Makodim 0405 saja, 13 Koramil jajaran juga dikerahkan agar memanfaatkan pekarangan kantor dengan menanam sejumkah palawija dan tanaman obat-obatan. “Untuk jumlah hasilnya, kalau padi tergantung musim. Mengingat di Kota Lahat sendiri merupakan persawahan tadah hujan. Kita berharap hal ini bisa menjaga ketahanan pangan masyarakat,” pungkasnya. (sfr)

 

Komentar

Berita Lainnya