pemkab muba pemkab muba pemkab muba pemkab muba
Berita Daerah

Cara Jualan Online yang Benar Bagi Pemula Agar Berkembang dan Menguntungkan

105
×

Cara Jualan Online yang Benar Bagi Pemula Agar Berkembang dan Menguntungkan

Sebarkan artikel ini
Cara jualan online bisa menjadi solusi terbaik terutama bagi kamu yang ingin memulai usaha namun hanya memiliki sedikit modal.
pemkab muba

Cara jualan online bisa menjadi solusi terbaik terutama bagi kamu yang ingin memulai usaha namun hanya memiliki sedikit modal. Jualan online sendiri adalah salah satu jenis usaha yang saat ini mulai banyak diminati oleh sebagian besar masyarakat. 

Pada dasarnya, sistem jualan online memiliki sejumlah perbedaan dengan cara berjualan konvensional. Seperti salah satu perbedaannya yang paling menonjol adalah tempat untuk menjajakan barang dagangan. 

Karena tempat penjualannya sangat berbeda, tentunya pemula yang ingin menggeluti bisnis ini perlu memahami strategi dan cara jualan online. Selain untuk mencari keuntungan, jika sudah memahami sistem berjualan online yang benar maka potensi bisnis kamu bisa jadi lebih berkembang. 

Lantas, bagaimana cara jualan online yang benar bagi pemula agar bisa berkembang dan mendapat keuntungan? Simak penjelasan berikut ini !

1. Menentukan Ide Usaha Dengan Riset Produk

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk memulai bisnis jualan online adalah menentukan terlebih dahulu ide usaha dengan riset produk. Menurut Hotjar, riset produk merupakan proses untuk mengumpulkan informasi tentang tujuan produk yang akan dibuat. 

2. Memilih Target Audiens Atau Konsumen Potensial

Setelah menentukan ide usaha, langkah selanjutnya adalah memilih target audiens atau konsumen potensial. Tahap ini penting dilakukan agar kamu bisa mengukur sejauh mana produk milik kamu tidak hanya sekedar dibeli, namun menjadi hal yang benar – benar dibutuhkan konsumen. 

3. Membuat Rincian Harga Yang Kompetitif dan Mencoba Riset Pasar

Setelah kamu paham produk milik kamu akan menjangkau tipe konsumen yang seperti apa, maka langkah berikutnya adalah membuat rincian harga yang kompetitif. Artinya, tentukan harga jual yang tidak terlalu murah atau sebaliknya. Tujuannya adalah agar produk kamu bisa bersaing saat dijual secara online. 

Selain itu, kamu juga perlu melakukan riset pasar agar bisa menguasai pasar atau setidaknya mampu bertahan pada segmen konsumen yang ingin dituju. 

4. Membuat Nama Produk Atau Toko Yang Menarik

Sistem jualan online memang akan terasa lebih mudah jika kamu menjual produk dari brand lain. Namun jika menjual barang buatan sendiri, maka kamu perlu menciptakan identitas produk yang kuat. Kamu perlu menentukan nama produk maupun toko yang menarik agar konsumen mudah mengenalinya. 

5. Memilih Marketplace Yang Cocok Dan Memahami Algoritmanya

Langkah selanjutnya adalah kamu harus jeli dalam memilih e-commerce untuk menjual produk kamu. Mulailah dengan mempelajari terlebih dahulu kebijakan, sistem, serta algoritma marketplace yang ada. Kamu harus mengetahui dengan benar bagaimana seluk beluk, kelebihan, dan kekurangan dari marketplace yang ingin kamu pilih. 

6. Menyiapkan Perlengkapan Jualan Online Dan Memilih Mitra Ekspedisi Terpercaya

Tahap berikutnya yaitu menyiapkan segala kebutuhan dan perlengkapan untuk jualan online. Termasuk menyiapkan metode pembayaran yang ringkas, cara pemesanan yang mudah, serta memilih ekspedisi yang terpercaya. 

Semua proses pada tahap ini penting dilakukan agar bisnis online yang dilakukan bisa berjalan lancar, proses distribusi produk ke tangan konsumen lebih aman, dan jualan kamu menguntungkan. 

7. Menggencarkan Promosi, Memperluas Jaringan Dengan Bergabung Ke Komunitas Dan Menyediakan Pelayanan Terbaik Untuk Konsumen

Langkah terakhir yang perlu kamu lakukan adalah melakukan promosi. Untuk promosi ini kamu bisa melakukannya dengan mencoba membuat konten menarik di media sosial atau bisa juga memanfaatkan fitur iklan berbayar di marketplace yang kamu pilih. 

Promosi dan iklan ini sangat penting dilakukan karena berkaitan dengan pemasaran produk kamu. Kemudian, kamu juga bisa mencoba memperluas jaringan dengan bergabung pada komunitas agar identitas produk kamu semakin dikenal. Yang dimaksud komunitas disini tentu harus berkaitan dengan produk maupun toko kamu. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *