pemkab muba pemkab muba pemkab muba
Bangka Belitung

Calon Ketua DPRD Babel Segera Diumumkan

54
×

Calon Ketua DPRD Babel Segera Diumumkan

Sebarkan artikel ini
IMG-20201223-WA0026
pemkab muba

PANGKALPINANG – Sekretariat DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan mengumumkan calon pengganti Ketua DPRD Babel definitif periode 2019-2024 pada rapat paripurna yang akan digelar pada 30 Desember 2020 mendatang.

“Jadi diumumkan dahulu sebelum ditetapkan, karena surat usulan dari DPP PDI Perjuangan untuk pengganti Pak Didit Srigusjaya sudah masuk ke kita, sehingga nama penggantinya, yaitu, Pak Herman Suhadi akan kita umumkan di dalam paripurna,” kata Sekretaris DPRD Babel, M. Haris kepada wartawan di gedung DPRD Babel, Rabu (23/12/2020).

Setelah diumumkan, Haris melanjutkan, nama calon Ketua DPRD Babel yang baru itu akan diusulkan ke Menteri Dalam Negeri (Mendagri) melalui gubernur untuk berproses pada penerbitan atau pengesahan SK Ketua DPRD.

Terkait proses Pergantian Antarwaktu (PAW) para Anggota DPRD Babel yang telah mengundurkan diri, diutarakan dia, saat ini baru SK dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang sudah ditandatangani oleh Mendagri, sebagai pengganti Bong Ming-Ming yang maju pada Pilkada Serentak di Kabupaten Bangka Barat beberapa waktu lalu.

“Mungkin akan sekalian kami ambil SK tersebut ke Kemendagri, kemudian untuk jadwal PAW nya akan dibahas nanti pada saat rapat badan musyawarah (banmus) pada 30 Desember mendatang, jadi tergantung kesepakatan dari hasil banmus nanti untuk penjadwalan paripurna PAW, apakah setelah pelantikan Ketua DPRD atau sebelumnya,” terangnya.

“Yang jelas, begitu SK sudah keluar, kita akan segera adakan pelantikan, bisa saja nanti pelantikan Ketua DPRD dan PAW diadakan bersamaan, makanya sangat tergantung dari hasil banmus, Insya Allah kalau prosesnya (dari Mendagri-red) cepat keluar, Januari 2021 bisa diadakan pelantikan,” pungkasnya.

Sekedar informasi, sebanyak enam legislator DPRD Babel telah meninggalkan kursi jabatannya lantaran maju pada Pilkada Serentak 9 Desember lalu, diantaranya yakni, Didit Srigusjaya dari Fraksi PDIP, Rina Tarol dari PDIP.

Kemudian Bong Ming-Ming dari PKS, Sukirman dari Nasdem, Aditya Rizki Pradana dari Partai Demokrat, dan Algafry Rahman dari Partai Golkar, sementara satu Anggota DPRD Babel lainnya, M. Yunus dari PPP telah berhalangan tetap atau meninggal dunia pada 16 Oktober lalu. (EDI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *