oleh

Bupati Muba Ajak Masyarakat Maknai Idul Adha untuk Saling Berbagi dan Peduli

MUSI BANYUASIN – Bupati Musi Banyuasin (Muba), Dodi Reza Alex Noerdin dan Wakil Bupati Muba, Beni Hernedi kompak untuk melaksanakan solat idul Adha di rumah dinas masing-masing. Hal ini merupakan bentuk Kepatuhan terhadap protokol kesehatan untuk mencegah penularan COVID-19.

Sedangkan, Sekretaris Daerah (Sekda), Drs Apriyadi MSi melaksanakan Solat Idul Adha di Masjid Jammi An Nur Sekayu. Meski demikian, ketiganya mengaku melaksanakan ibadah Shalat Idul Adha baik dengan keluarga di rumah maupun di masjid, musholla dan lapangan terbuka tetap tidak mengurangi makna beribadah.

Dikatakan Dodi, Idul Adha merupakan hari besar kedua bagi umat Islam. Hari Idul Adha juga sering disebut sebagai Hari Raya Haji atau Hari Raya kurban. Di momen tersebut, dia mengajak seluruh masyarakat untuk memaknai kurban yang dilakukan Nabi Ibrahim dan Ismail.

“Alhamdulillah hari ini kita merayakan Hari Raya Idul Adha dengan melakukan penyembelihan hewan qurban hendaknya menjadi pembelajaran bagi kita semua untuk menumbuhkan rasa saling berbagi dan peduli terhadap sesama. Dalam perjalanan sejarah, Islam mengajarkan umatnya untuk berbagai dan terus mengembangkan jalinan silaturahmi antar sesama,” katanya.

“Hal ini mengartikan, Perayaan Idul Adha ini sebagai bentuk dari peningkatan habluminallah dan hambluminannas atau mendekatkan diri pada Allah SWT dan mendekatkan diri pada hubungan sosial. Oleh sebab itu, di tegah masa dan situasi sekarang dibutuhkan kesabaran dalam menghadapi wabah pandemi dimasa ini, maka kita sebagai umat Islam dituntut untuk saling berbagi dan saling peduli kepada sesama. Dengan semangat Idul Adha ini marilah kita untuk memaknai Perayaan Hari Raya Idul Adha di tengah pandemi COVID-19 dengan sifat-sifat terpuji, peduli untuk saling berbagi kepada sesama yang membutuhkan,” tambahnya.

Sementara Wakil Bupati Muba Beni Hernedi juga mengatakan, dirinya bersama keluarga melaksanakan Shalat Idul Adha berjamaah di rumah dinas Wakil Bupati dan tetap mematuhi seruan dan protokol kesehatan COVID-19.

“Saya bersama keluarga mengucapkan selamat Hari Raya Idul Adha, mohon maaf lahir dan batin. Meski keterbatasan untuk bersilaturahmi bertatap muka, namun percayalah silaturahmi kita semua tetap utuh dan terjaga dan mari kita tetap berbagi di Hari Raya Idul Adha dengan berqurban,” ucapnya.

Sekretaris Daerah Muba Drs Apriyadi MSi mengaku melakukan Solat Idul Adha di Masjid Jammi An Nur Sekayu. “Ya, karena kita sedang dihadapkan pada wabah COVID-19 dan sesuai dengan Surat Edaran Bupati untuk Pelaksanaan Shalat Idul Adha boleh digelar di masjid, musholla, dan lapangan ataupun di rumah masing-masing tetap namun tetap harus memprioritaskan protokol kesehatan,” ungkapnya.

Ia menambahkan, usai melaksanakan Shalat Idul Adha berjamaah dengan di masjid dirinya menyantap opor masakan istri. “Usai Shalat tadi langsung santap opor masakan istri, tetap afdol merayakan kemenangan Idul Adha berkumpul bersama keluarga,” pungkasnya. (Endang S)

Komentar

Berita Lainnya