oleh

Bupati Lahat Dorong Potensi Pertanian Perikanan dan Peternakan

Lahat | Pemerintah Kabupaten Lahat, Provinsi Sumatera Selatan akan menjadikan wilayah empat Kecamatan diantaranya Kecamatan Pajar Bulan, Jarai, Sukamerindu, Muara Payang,  Tanjung Sakti Pumu dan Tanjung Sakti Pumi sebagai basis pembangunan pertanian, perikanan dan peternakan.

“Hal ini sejalan dengan potensi alam yang dimiliki,   saya meyakini dengan menggalakkan sektor tersebut perekonomian warga akan lebih maju,”ujar Bupati Lahat,  Cik Ujang,  SH saat dibincangi usai membuka  Musrenbang RKPD tahun 2022 tingkat kecamatan wilayah dapil 4, Rabu (27/01/2021).

Untuk memuluskan rencananya tersebut Bupati Cik Ujang telah menginstruksikan untuk perbaikan infrastruktur sebagai sarana penunjang.

Selain itu, Cik Ujang sendiri telah menginstruksikan Dinas pertanian agar menyiapkan bibit baik itu komoditi perkebunan maupun sayuran.  Tak hanya itu, pemerintah lahat juga memastikan penyediaan pupuk untuk membantu petani.

Agar petani terarah,  Cik Ujang,  juga akan mengerahkan penyuluh pertanian. “Daerah wilayah empat ini sangat subur.  Dari dahulu warga lebih banyak berkebun, menanam sayuran dan perikanan.  Namun,  itu belum maksimal.  Makanya,  kedepan akan kita dorong dan bantu sehingga lebih maju dan warga sejahtera dengan hasil pertanian dan perikanan,”ucapnya.

Seperti bidang perikanan,  kata Cik Ujang,  setiap hari kebutuhan konsumsi ikan untuk warga di Kabupaten Lahat sekitar 2 ton ikan.  Sementara,  kita hanya bisa menyediakan sebanyak 700 kg.  Selebihnya,  disuplai daerah lain seperti dari Bengkulu dan Linggau. Artinya kata Cik Ujang lagi, potensi perikanan di daerah ini belum maksimal.

Kedepan, lanjutnya pemerintah akan memaksimalkan  kolam kolam ikan warga,  danau atau perairan sehingga kebutuhan ikan di Lahat bisa dipenuhi oleh warga Lahat sendiri yang pada akhirnya akan berimbas kepada perekonomian warga itu sendiri.

“Terkait kebutuhan ikan saya sendiri sudah instruksikan agar Dinas Perikanan membuat program bantuan bibit dan juga pembuatan kolam ikan berkelompok seperti yang saat ini sudah dimulai yakni kolam ikan lele, “ujarnya.

Guna memuluskan rencananya tersebut Bupati Lahat mengucurkan Rp13 miliar untuk pembangunan wilayah empat baik itu pembangunan infrastruktur maupun sarana air bersih dan keamanan.

“Tadi sudah banyak usulan yang tersampaikan.  Nah,  Musrenbang ini momentum merencanakan pembangunan.  Sebagaimana visi dan misi kita yakni menciptakan pemerintah yang kreatif dan inovatif, Meningkatkan pembangunan infrastruktur publik, Meningkatkan kualitas sdm yang berakhlak, sehat, cerdas dan berbudi luhur, Menumbuhkembangkan perekonomian rakyat dan memperkokoh kerukunan beragama,”sampainya. (SFR/Romi)

Komentar

Berita Lainnya