oleh

Bupati: Ekonomi Belitung Tahun 2021 Tumbuh 5,64 Persen

BUPATI BELITUNG – Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Sahani Saleh mengatakan Laju Pertumbuhan Ekonomi (LPE) Kabupaten Belitung pada tahun 2021 naik mencapai 5,64 persen dibandingkan tahun sebelumnya turun 2,28 persen.

“Angka ini merupakan pertumbuhan tertinggi dalam lima tahun terakhir,” kata Bupati Belitung, Sahani Saleh di Tanjung Pandan, Selasa (5/4/2022).

Hal ini disampaikan dia dalam Rapat Paripurna DPRD Belitung ke XX Masa Persidangan II Tahun 2021 dengan agenda Penyampaian Laporan Keterangan Pertangungjawaban (LKPJ) Bupati Belitung Tahun 2021.

Ia mengatakan, laju pertumbuhan ekonomi Belitung pada tahun 2021 mengalami lonjakan yang signifikan hingga mencapai 5,64 persen setelah sempat terkontraksi sebesar 2,28 persen pada tahun 2020.

“Seluruh sektor perekonomian tumbuh positif, baik pada komponen pengeluaran maupun sektor produksi utama. Sektor terbesar pada komponen adalah konsumsi rumah tangga,” ujarnya.

Dia menyebutkan, adapun empat sektor penyumbang ekonomi terbesar di daerah itu yakni sektor pertanian, sektor kehutanan, sektor perikanan dan sektor industri.

“Baik industri pengolahan, sektor konstruksi, sektor perdagangan besar dan eceran serta reparasi mobil dan sepeda motor,” katanya.

Ia menambahkan, keberhasilan pengendalian pandemi pasca penyebaran varian Delta pada pertengahan 2021 telah mendorong keyakinan masyarakat untuk beraktivitas serta dunia usaha berani berekspansi di daerah itu.

“Kami juga akan terus melakukan akselerasi vaksin ketiga (booster) dan penerapan prokes yang konsisten sehingga menambah kepercayaan masyarakat dalam melakukan aktivitas ekonomi dan berimplikasi pada peningkatan pendapatan,” katanya. (Doni)

Komentar

Berita Lainnya