oleh

Bupati Bangka Minta Petani Optimalkan Lahan Sawah

BANGKA | Bupati Bangka Mulkan,SH,MH meminta para petani dapat mengoptimalkan lahan sawah yang ada di Kabupaten Bangka.Dikatakan, potensi sawah saat ini mencapai 2.948,41 ha atau sekitar 2.000 hektar yang sudah digarap petani.

“Lahan ini tersebar disejumlah wilayah kecamatan.Cakupan potensi sawah ini masih cukup luas. Belum termasuk area padi ladang yang mencapai tiga ribuan hektar lebih,” kata Mulkan usai panen padi sawah di Desa Banyuasin, Riau Silip, Kamis (11/2/2021).

Mulkan mengatakan, jika sudah digarap secara optimal maka, pemenuhan kebutuhan beras untuk masyarakat lokal dapat tercukupi.

“Saya berharap secara bertahap semua area sawah dapat garap petani dengan produksi hasil panen meningkat. Sehingga kedepannya dapat mengurangi ketergantungan daerah pemasok besar dari luar pulau Bangka,” tambahnya.

Bupati mengatakan, pihaknya terus melakukan optimalisasi pembinaan kepada petani termasuk membantu sarana produksi pertanian yang dibutuhkan petani disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Bangka Elius Gani mengajak seluruh kepala desa dari daerah potensi sawah untuk memaksimalkan menggarap area persawahan yang sudah disediakan.

“Saya mengajak kepala desa di wilayah potensi sawah bersama-sama mendorong petani menggarap sawah yang sudah tersedia mengingat masih terdapat 900 hektar lebih lahan sawah belum maksimal digarap,” tutupnya. (Doni)

Komentar

Berita Lainnya