oleh

Bumikan Qur’an di Negeri Palembang Darussalam

PALEMBANG – Pelaksanaan berbeda dari tahun sebelumnya, Musabaqah Tilawatil Qur’an dan Hadist (MTQH) Tingkat Kota Palembang tahun 2021 ini harus mempertimbangkan standar protokol kesehatan, salah satunya dengan membagi empat lokasi untuk beberapa cabang lomba yang akan dilaksanakan.

Masjid Darussa’id menjadi lokasi utama pelaksanaan MTQH tahun 2021 yang terletak di jalan MP Mangkunegara, Kecamatan IT II menjadi tempat lokasi pembukaan MTQH Tingkat Kota Palembang 2021 pada Sabtu 6 Maret 2021 malam.

Lokasi kedua memanfaatkan halaman parkir Pasar Ikan Modern Palembang, lokasi ketiga Masjid Darul Qudus Palembang dan lokasi ke empat Masjid Nur Sholihin.

Kepala Bagian Kesra Setda Kota Palembang, Nur Ainun Tanjung mengungkapkan kegiatan berlangsung selama satu pekan mendatang. Untuk lomba MTQH akan banyak kategori mulai dari tingkat kanak kanak hingga dewasa.

Ia mengatakan, kegiatan bertujuan untuk meningkatkan iman dan takwa serta pemahaman dan pengamalan ajaran Al Qur’an dalam sehari hari.

Dengan mengangkat tema mengimplementasikan nilai-nilai Alquran dan hadist dengan memperkuat Mental Spiritual Menuju Palembang Emas Darussalam 2023.

Dengan tetap mematuhi Protokol Kesehatan 3M dengan ketat, bekerjasama dengan Dinas Kesehatan untuk pemeriksaan Rapid test sebelum memasuki area acara berjalan dengan lancar.

Dalam pembukaan acara juga dilaksanakan secara langsung pelantikan serta pemakaian almamater Dewan Hakim oleh Walikota Palembang H Harnojoyo.

Sementara itu, dalam sambutannya Wali Kota Palembang H Harnojoyo mengimbau agar masyarakat tetap menjaga protokol kesehatan dengan menjaga jarak, menjauhi kerumunan, mencuci tangan, dan memakai masker.

Ia juga berharap, kegiatan ini dapat terus berinovasi sehingga siar Alquran dalam rangka membumikan Alquran di kota Palembang dapat di realisasikan

Hal terpenting adalah kualitas penyelenggaraannya sehingga MTQH dapat mencetak Hafidz/hafidzoh, Mufasir/mufasiroh, qori/qoriah, Khottot/khottoto yang handal sehingga dapat bersinegeri dengan program kota Palembang,”katanya.

Ia berpesan kepada peserta jadikan ini wadah silahturahim dan terus menyiarkan agama islam dan bukan sebagai unjuk kebohongan.

“Semoga Allah memberi berkah dan meridhou usaha kita bersama dalam Mensyiarkan agama Islam ini, ” cetusnya.

Sama seperti tahun lalu, selain pelaksanaan lomba MTQH kota Palembang, kegiatan tersebut juga diramaikan dengan adanya Siabuh Expo.

Siabuh Expo berlokasi di Masjid Darussa’id dan dibuka untuk umum, bukan hanya untuk peserta dan pendamping peserta lomba.

Didalam Siabuh Expo, pengunjung dapat melihat Kaligrafi paling terbaik dari yang terbaik serta dapat berfoto secara gratis dengan dilatar belakangi Kaligrafi. (Alam)

Komentar

Berita Lainnya