pemkab muba pemkab muba pemkab muba pemkab muba
Palembang

Buka Explore South Sumatera Expo 2024, Pj Gubernur Agus Fatoni Kenalkan Potensi Sumsel kepada Wisatawan Domestik dan Mancanegara

70
×

Buka Explore South Sumatera Expo 2024, Pj Gubernur Agus Fatoni Kenalkan Potensi Sumsel kepada Wisatawan Domestik dan Mancanegara

Sebarkan artikel ini
pemkab muba

Bali. Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni mengenalkan potensi wisata, kuliner, kerajinan dan seni budaya khas Sumsel kepada wisatawan lokal dan mancanegara. Hal ini disampaikannya saat membuka Explore South Sumatera Expo 2024 yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel di Discovery Mall Bali, Badung, Bali, Kamis (25/4/2024).

“Kegiatan ini sengaja dibuat untuk bisa memainkan, menyampaikan informasi kemudian juga untuk menunjukan kekayaan alam yang ada di Sumsel baik itu, seni, budaya, ekonomi kreatifnya dan juga potensi lain yang ada di Sumsel,” ucap Fatoni.

Sebagaimana diketahui Provinsi Sumsel terdiri dari 17 Kabupaten dan Kota yang memiliki banyak kekayaan alam dan destinasi wisata yang indah untuk dikunjungi wisatawan. Terlebih, Sumsel juga memiliki aneka kuliner yang lezat dan patut dicicipi oleh mereka.

“Provinsi Sumsel merupakan salah satu Provinsi terbesar di Indonesia, memiliki wilayah dan jumlah penduduk yang cukup besar karena memang Sumsel ini induk dari provinsi-provinsi di Sumbagsel. Potensi alam di Sumsel cukup banyak, keindahannya juga bagus-bagus ada Danau Ranau, Gunung Dempo di Pagar Alam, ada bukit dan Sungai Musi,” ujar Fatoni.

“Tidak hanya itu, banyak juga hasil kerajinan  ekonomi kreatif di Sumsel dan itu berkembang cukup baik,” sambungnya.

Fatoni menyebut Explore South Sumatera Expo 2024 ini sengaja digelar di Bali agar para wisatawan domestik dan mancanegara akan lebih mengenal Sumsel. Mengingat Bali merupakan daerah tujuan wisata dunia.

“Di Bali ini banyak sekali wisatawan yang datang baik itu domestik maupun mancanegara. Jadi itu alasan kita menjadikan Bali sebagai lokasi expo,” ucapnya.

Selain itu, Fatoni mengatakan kegiatan serupa juga akan terus digelar sehingga mendorong tumbuhnya Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Sumsel. Melalui kesempatan ini, dia juga berterima kasih kepada semua pihak yang mendukung terlaksananya kegiatan Explore South Sumatera Expo 2024.

“Saya berterima kasih kepada seluruh komunitas yang mendukung kegiatan ini. Semoga kegiatan yang akan datang akan lebih semarak lagi, bisa lebih besar lagi dan melibatkan banyak pihak sehingga semakin banyak masyarakat yang mengenal Sumsel dan berbagai macam budayanya,” ujar Fatoni.

Kepada para pengunjung Explore South Sumatera Expo 2024, Fatoni secara khusus menyampaikan bahwa produk yang dipamerkan merupakan kualitas terbaik yang dimiliki Sumsel. Sementera itu, terkait rute penerbangan Bali – Palembang dan sebaliknya saat ini sudah tersedia.

“Kita bersyukur  transportasi ke Palembang ada yang pesawat dari Bali dan kita berusaha ini bisa bertambah lagi. Mudah-mudahan apa yang kita gelar ini bisa membuat daerah kita maju dan UMKM berkembang baik sehingga pertumbuhan ekonomi meningkat,” ucap Fatoni.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel Aufa Syahrizal mengatakan Explore South Sumatera Expo 2024 merupakan yang kedua kalinya dan diselenggarakan pada 25 hingga 28 April 2024. Kegiatan ini turut melibatkan UMKM yang berasal dari 17 Kabupaten dan Kota se-Sumsel serta partisipasi dari daerah lainnya di luar Sumsel.

“Explore South Sumatera Expo 2024 ini  berlangsung dari tanggal 25 hingga  28 April 2024. Melibatkan Kabupaten dan  Kota di Sumsel diantaranya Kabupaten  Muba, Musi Rawas Utara (Muratara), Kabupaten OKU Selatan ada juga Provinsi dan Kabupaten Kota di luar Sumsel  meliputi Kalimantan Selatan, Makasar, Kota Jambi, dan Bali sebagai tuan rumah,” kata Aufa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *