oleh

BPMPD Empat Lawang Berhasil Ciptakan Mesin Perontok Jagung

Pemipil JagaunEMPAT LAWANG I Mesin pemipil jagung yang diberi nama Si Pintar Aladin buah karya  Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Empat Lawang, ditemukan setelah pihak BPMPD berkeliling di beberapa daerah di Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati.

Saat itu, pihak BPMPD melihat masyarakat sedang memipil jagung dengan cara manual (pakai tangan, red). Terpikirlah untuk menciptkan alat pemipil jagung, agar mempermudah masyarakat saat merontokkan jagung.

“Dengan bekas mesin asah batu yang digunakan masyarakat saat musim batu, kami berinisiatif memanfaatkan mesin tersebut untuk dijadikan mesin pemipil jagung,” ungkap Kepala BPMPD Kabupaten Empat Lawang Alhumaidi melalui Kabid Pemberdayaan Masyarakat dan Teknologi Tepat Guna, Budi, belum lama ini.

Mesin pemipil jagung Si Pintar Aladin tersebut, dikatakan Budi, cara kerjanya cukup mudah dan sangat membantu masyarakat saat memipil jagung. “Tinggal masukan jagung kedalam mesin Si Pintar Aladin, butiran jagung pun langsung rontok dari tungkainya,” kata Budi.

Rencananya, dikatakan Budi mesin pemipil jagung tersebut akan di pamerkan di Kabupaten Lahat dalam rangka pameran teknologi tepat guna tingkat Provinsi. “Tanggal 16-20 nanti ada pemeran di Kabupaten Lahat, nah rencananya alat ini akan kita bawa di Pameran tersebut,” ujarnya.

Pihaknya pun meminta kepada Kepala Desa (Kades) di Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati agar membuat mesin pemipil jagung disetiap desa. “Kan di Dana Desa (DD) itu ada untuk dana pemberdayaan masyarakat. Jadi para Kades kami minta juga membuat mesin pemipil jagung di desanya,” pinta Budi seraya menambahkan jika masyarakat ingin bertanya cara membuat mesin pemipil jagung bisa langsung datang ke BPMPD Kabupaten Empat Lawang.

Sementara itu, Muslan (47) salah seorang warga Tebing Tinggi merasa gembira mendengar adanya mesin pemipil jagung yang di ciptakan oleh BPMPD Kabupaten Empat Lawang. “Alhamdulillah kalau sudah ada mesin yang mempermudah kami saat ingin merontokkan biji jagung,” katanya.

Dirinya pun berharap, mesin pemipil jagung ini dibuat dalam jumlah yang cukup banyak. Agar seluruh petani jagung di Empat Lawang bisa memiliki mesin pemipil jagung tersebut. “Saya jadi penasaran dengan alat tersebut. Insya Allah dalam waktu dekat saya akan menanyakan kepada pihak BPMPD mengenai cara membuat mesin pemipil jagung tersebut,” tandasnya.(Ridi)

 

Komentar

Berita Lainnya