oleh

Besok, Perbaikan Aspal Jembatan Ampera Mulai Dikerjakan

PALEMBANG I Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) III memastikan segera melakukan perbaikan terhadap aspal jembatan ampera. Pihak BBPJN III akan mulai melakukan perbaikannya pada Kamis (14/4/2016). Proses pengaspalan ini dipastikan hanya memakan waktu selama dua pekan saja sejak awal prosesnya.

Kepala Satuan Kerja Pembangunan Jalan Nasional dan Metropolitan Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional III Gunawan menyebutkan, pada proses awal pihaknya akan melakukan pengelupasan aspal lama terlebih dulu pada sekitar 80 persen aspal Jembatan Ampera yang rusak. Pengerjaan akan dilakukan pada malam hari, sehingga tak akan terlalu mengganggu lalu lintas.

“Perbaikan Jembatan Ampera ini masuk dalam paket perawatan berkala Jembatan di Sumsel dengan total anggaran Rp 2,5 Miliar,”katanya, Rabu (13/4).

Pengerjaaan aspal dalam waktu dua pekan tersebut merupakan target tercepat jika tak ada gangguan cuaca yang berarti. Setelah proses pengelupasan, akan dilakukan lebih dulu prime coat yang harus langsung ditimpa aspal.

Gunawan menyatakan, terakhir kali perbaikan besar di Ampera dilakukan pada tahun 2011 silam dalam persiapan SEA Games. Kali ini, pihaknya menilai memang sudah harus dilakukan perbaikan aspal karena kondisinya yang memang sudah sangat mengkhawatirkan.

Terkait kondisi tiang atau pilar Ampera yang beberapa kali ditabrak tongkang, ia menyatakan pihaknya akan segera mendatangkan peneliti. Tak hanya kondisi luar, tetapi melihat kondisi konstruksi dalam dari pilar.

“Karena dari luar kita temukan ada beton yang rusak, tetapi kita belum tahu bagaimana kondisi yang di dalam. Jika telah diteliti kita baru bisa bertindak, apakah hanya diplester bagian luar atau memang harus disuntik,” terangnya.

Perawatan Jembatan Ampera berkala ini juga akan diikuti dengan pengecatan ulang bagian jembatan yang tahun lalu belum dicat. (Supardi)

Komentar

Berita Lainnya