pemkab muba pemkab muba pemkab muba
Bangka Belitung

Berkurban Tanda Syukur Kepada Sang Khalik

51
×

Berkurban Tanda Syukur Kepada Sang Khalik

Sebarkan artikel ini
IMG-20210709-WA0018
pemkab muba

SUNGAILIAT – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman melakukan kegiatan Safari Jumat di Masjid Agung Sungailiat, sekaligus menjadi khatib Jumat di masjid tersebut, Jumat (09/07/2021).

Dari mimbar khotbah, gubernur selaku khatib mengajak para jemaah salat Jumat agar memperkuat iman dan ketakwaan kepada Allah Swt, menjauhi segala larangan Allah dan menjalankan segala perintah-Nya.

Di kesempatan ini gubernur menyampaikan khotbah berjudul “Berkurban, Cermin Insan Bertakwa.”

Menurutnya, bulan Zulhijah merupakan bulan yang diagungkan, karena terdapat dua peristiwa penting yang mendatangkan hikmah dalam menjalankan hidup manusia.

“Peristiwa penting di bulan Zulhijah yaitu peristiwa ibadah haji dan peristiwa ibadah kurban yang memiliki korelasi erat perspektif kehidupan era milenial,” ujar gubernur.

Kurban merupakan cermin ketakwaan manusia, karena di dalam melaksanakan ibadah kurban terdapat nilai-nilai kemanusiaan dan solidaritas yang tidak hanya terpaut dalam urusan hablumminallah (hubungan baik dengan Allah), melainkan juga memiliki ikatan urusan hablumminannas (hubungan dengan manusia).

Hal ini ditegaskan dalam Surat Al-Hajj ayat 37, yang artinya “Daging-daging unta dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai keridaan Allah, tetapi ketakwaan dari kamulah yang dapat mencapainya.”

“Berkurban bukanlah semata-mata mengeluarkan harta lalu menyembelih hewan, namun ada ketentuan yang mesti dipenuhi, misalnya dihindari hewan yang cacat yang membuat kurban tidak sah, akan tetapi harus hewan yang sehat,” ungkapnya.

Lebih jauh orang nomor satu di Babel mengatakan, dalam ibadah kurban kita diperintahkan untuk belajar sedekah, yaitu membelanjakan harta di jalan Allah. Berkurban bukanlah perkara tentang banyaknya harta, melainkan tentang panggilan hati untuk bersyukur kepada Allah.

Allah Swt menjelaskan di dalam Alquran Surat Saba’ ayat 39 yang berbunyi :

“Wa maa anfaqtum min syai in fa huwa yukhlifuh, wa huwa khairur raziqin.”

Artinya: Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantikannya dan Dialah pemberi rezeki yang sebaik-baiknya.

Barang siapa yang banyak bersyukur maka Allah akan membalasnya, hal ini diterangkan dalam Surat Ibrahim ayat 7 yang artinya:

Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti kami akan menambah nikmat kepadamu, dan jika kamu mengingkari nikmatku, maka sesungguhnya azabku sangat pedih.

Sedangkan Nabi Muhammad saw bersabda: “Sedekah tidaklah mengurangi harta (HR. Muslim no 2588 dari Abu Hurairah).

Hadis tersebut menurut bapak tiga anak ini menguatkan keyakinan kita bahwa membelanjakan harta di jalan Allah secara hakikat sesungguhnya tidaklah berkurang, melainkan menjadi tabungan pahala yang mendatangkan keberkahan dari Allah Swt.

“Begitulah bahwa berkurban merupakan perbuatan mulia yang mencerminkan kualitas takwa manusia,” pungkasnya.

Oleh sebab itu Bang ER (sapaan akrab gubernur) menegaskan, momentum kurban jangan dijadikan ajang bisnis, yang bermanfaat daging qurban bagi sekelompok orang yang memanfaatkan daging kurban untuk kepentingan pribadi bukan untuk keselamatan umat. Justru dengan berkurban diharapkan dapat meningkatkan rasa solidaritas, kebersamaan, dan saling berbagi di tengah keadaan sulit di tengah masyarakat.

Kegiatan Safari Jumat kali ini, gubernur di dampingi beberapa kepala Perangkat Daerah Pemprov. Babel. Kehadiran gubernur dan rombongan disambut hangat oleh Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bangka, tokoh masyarakat, dan masyarakat. (Doni)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *