oleh

Beredar Video Penangkapan Pelaku Tipsani di Tulung Selapan, Begini Kata Kapolres OKI

OGAN KOMERING ILIR – Video tentang penangkapan sejumlah warga Tulung Selapan, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan (Sumsel) yang diduga merupakan pelaku tipu sana tipu sini (tipsani) viral dan tersebar di sejumlah media sosial serta grup WhatsApp.

Dal video berdurasi 30 hingga 50 detik tersebut tampak aparat kepolisian yang berseragam mengamankan beberapa orang dari sebuah rumah. Tak hanya itu, dari video itu juga tampak sejumlah aparat kepolisian mengamankan brankas yang cukup besar dan kendaraan roda dua.

Penangkapan terhadap sejumlah warga ini dibenarkan oleh Kapolres OKI, AKBP Alamsyah Pelupessy. Ditemui usai peringatan HUT TNI ke-75 di Makodim 0402/OKI, Minggu (4/10/2020) Kapolres mengungkapkan, penangkapan itu terjadi pada Sabtu (3/10/2020) pagi.

Diungkapkannya, penangkapan ini dilakukan langsung oleh personel gabungan dari Mabes Polri, Polda Sumsel dan Polres OKI. “Jadi ini operasi gabungan, dari Mabes, Polda Sumsel dan Polres OKI,” katanya.

Ditambahkan AKBP Alamsyah, sebanyak 100 orang personel dan dibackup oleh 1 pleton pasukan dikerahkan untuk mengamankan pelaku yang telah menjadi target operasi ini. Meski demikian, Kapolres tidak menjelaskan secara rinci hasil dari penangkapan ini.

“Rilis itu langsung ditangani dari mabes. Kita back up saja. BB ditangani langsung oleh mabes, yang jelas (yang diamankan) pasti barang yang ada kaitannya dengan tindak pidana yang dilakukan termasuk motor, uang juga, tapi kalau persisnya itu belum tahu,” tuturnya.

Masih kata AKBP Alamsyah, pelaku ini diketahui beraksi dari rumah atau tanpa bertemu langsung dengan korbannya dan menyasar rekening yang ada uangnya. “Ini operasi kebanyakan di Jakarta. Mereka sistem acak, di mana nanti ketemu yang punya rekening bisa dibobol langsung dibobol,” jelasnya.

Dia menegaskan, para pelaku ini agar tidak merasa jumawa dan merasa tidak bisa ditangkap karena lokasi persembunyian mereka yang jauh. “Ini buktinya bisa. Sebelum ini juga pernah ada yang diamankan,” tegasnya. (Jangmat)

 

Komentar

Berita Lainnya