oleh

Beralih dari TV Analog ke Digital, Ini Beberapa Manfaatnya

Migrasi siaran televisi analog ke digital sudah dilakukan masyarakat luas  karena manfaat TV digital beragam. Jika Anda belum beralih ke TV digital, segeralah beralih karena seluruh saluran televisi seluruhnya dipancarkan menggunakan modulasi digital di bulan November tahun 2022.

Manfaat TV Digital yang Bisa Diperoleh Masyarakat

Selama ini, masyarakat mengeluhkan berbagai hal mengenai TV analog. Misalnya gambarnya kurang jernih, sinyal putus-putus dan lainnya. Namun, menggunakan TV digital tak ada permasalahan tersebut. Justru manfaatnya untuk masyarakat beragam, berikut ada manfaat yang didapat:

 

  • Sinyal Lebih Stabil

 

Jika tempat tinggal Anda jauh dari pemancar televisi, umumnya sinyal putus-putus sehingga gambar yang tampil di televisi semakin buruk. Sebaliknya, menggunakan TV digital sinyalnya lebih kuat. Alhasil, Anda dan keluarga nyaman menonton televisi tanpa gangguan sinyal. 

Selain itu, apapun bentuk atap rumah Anda sinyalnya tetap kuat. Anda bisa menikmati siaran televisi digital sepanjang hari. Keseharian Anda di rumah pun lebih berwarna karena kehadiran TV digital

 

  • Gambar dan Suara Lebih Jernih

 

Manfaat berikutnya, kualitas gambar meningkat karena dibekali teknologi canggih. Hal tersebut memberikan kenyaman menonton televisi, walaupun Anda menonton sepanjang hari tak menimbulkan mata pedih atau lelah karena gambar tidak berbintik semut atau berbayang. 

Bahkan, TV digital tidak mengurangi rasa penasaran Anda menonton siaran digital karena suaranya lebih jernih. Walaupun anak atau keluarga mengobrol di area televisi, Anda bisa mendengar suara dengan jelas. 

 

  • Banyak Fasilitas Tambahan

 

Bukan hanya gambar dan suaranya yang berkualitas, TV digital memanjakan masyarakat dengan menghadirkan berbagai fasilitas tambahan. Anda bisa mendapatkan fasilitas Electronic Program Guide atau SPG, fasilitas tersebut bisa memberitahukan acara yang telah ditayangkan maupun akan ditayangkan. Alhasil Anda tak akan kehilangan kesempatan menonton tayangan favorit walaupun Anda tengah di luar rumah, Anda bisa menontonnya kembali tanpa mengeluarkan biaya. 

 

  • Mempunyai 2 Status Penyiaran TV Digital

 

Anda puas menggunakan TV digital dan ingin memberikan rating? Tenang saja. Masyarakat bisa menilai kualitas tayangan secara langsung dengan memberikan rating pada program televisi yang Anda tonton. Alhasil, menonton program televisi lebih berkesan dan menjadi pelepas lelah di rumah. 

Ditambah lagi, TV digital memiliki 2 status Penyiaran TV digital. Yaitu, diterima atau tidak. Maksudnya adalah, jika perangkat penerima siaran digital bisa menangkap sinyal, maka program tersebut bisa diterima. Jika sinyal tak dapat diterima, maka suara dan gambar tidak akan muncul. 

 

  • Tidak Ada Iuran Bulanan

 

TV digital cocok digunakan semua kalangan karena tidak ada biaya langganan yang dibebankan pada pengguna TV digital. Bahkan tak perlu pulsa maupun data internet untuk mengakses siaran TV digital. Walaupun perekonomian tidak stabil, Anda tetap menyaksikan program favorit karena menggunakan alat STB. 

Hal ini sebenarnya didasari oleh pemerintah Indonesia ingin semua rakyatnya menikmati siaran TV digital yang berkualitas. Untuk itulah pemerintah memiliki inisiatif menyediakan STB untuk masyarakat tidak mampu.

Bahkan pemerintah berupaya memberikan panduan pada masyarakat yang belum bisa membeli membeli kelengkapan TV digital. Pemerintah melakukannya melalui data-data yang telah masuk Kementerian Kominfo sebagai rakyat kurang mampu. 

 

  • Pilihan Siaran Lebih Banyak

 

Setiap orang memiliki tayangan favorit tersendiri, bahkan dari 4 sampai 6 di satu penghuni rumah memiliki program favorit berbeda. Misalnya, suami lebih memilih program olahraga, istri memilih program wanita dan anak-anak memilih program kartun.

Bagaimana jadinya tanpa TV digital, Anda dan keluarga sulit menemukan siaran favorit karena jarang ditayangkan. Bahkan kerap berebut remot televisi untuk mendapatkan waktu Menonton tayangan favorit. 

Untuk itulah TV digital menyediakan pilihan siaran lebih banyak sehingga membuat pengguna puas menggunakan TV digital. Anggota keluarga bisa menonton tayangan favorit sesuai jam yang disepakati. 

Cara Beralih Ke Siaran TV Digital

Setelah mengetahui manfaat TV digital untuk masyarakat maupun pemerintah, Anda bisa beralih ke siaran TV digital dan menikmati programnya. Anda bisa membeli dan memasang Set Top Box yang merupakan alat penangkap sinyal siaran. 

Alat tersebut dibutuhkan masyarakat yang tidak memiliki televisi yang bisa mengakses siaran TV digital. Misalnya masyarakat yang memiliki TV cembung dan televisi layar datar tetapi tidak mempunyai fitur DVB-T2. Sebaliknya, jika tak ingin menggunakan alat penangkap siaran tersebut bisa menggunakan cara lain. Diantaranya cara berikut:

 

  • Membeli TV yang memiliki fitur DVB-T2

 

Anda bisa mengecek apakah televisi di rumah memiliki fitur tersebut atau tidak. Cara mengetahuinya pun simple, yaitu:

  • Buka situs resmi kominfo di siaran digital.kominfo.go.id
  • Memilih menu ‘Perangkat TV Digital’
  • Lalu, klik ‘Pilih Kategori’
  • Pilih ‘Televisi’
  • Tulis merk dan tipe televisi Anda. Jika tidak ada, muncul notifikasi ‘Mohon maaf perangkat yang dicari tak terdaftar di database kami atau belum memiliki sertifikasi perangkat’

 

  • Menggunakan android TV

 

Televisi jenis ini dilengkapi dengan koneksi internet maupun Wi-Fi. Bahkan, perangkat tersebut memiliki sistem operasi Android layaknya ponsel pintar seperti smartphone maupun prosesor. Hal tersebut membuat televisi terhubung ke Google Play Store. 

Bahkan, beberapa merk ponsel memiliki fitur televisi. Sayangnya tayangan yang ditangkap adalah televisi analog. Untuk itulah ini waktu tepat migrasi TV digital dan mendapatkan manfaat jangka pendek maupun jangka panjang. 

Kecanggihan zaman sudah tak diragukan  lagi, bahkan Anda bisa membeli berbagai produk secara online lewat marketplace Blibli. Blibli merupakan marketplace terpercaya yang menyediakan berbagai macam kebutuhan termasuk elektronik seperti televisi.

Pastinya produk yang Anda beli di Blibli bisa di migrasi ke TV digital, Anda tinggal memesannya sesuai selera. Bahkan Anda bisa membeli alat elektronik lain untuk menghemat ongkos kirim. 

Walaupun belanja online, Blibli menjamin kualitas dan keamanan produk sampai ditangan Anda. Selain itu, proses pembayarannya mudah dan proses pengirimannya cepat. Melalui Blibli, Anda bisa mendapatkan manfaat TV digital dengan berbagai cara yang mudah untuk dilakukan. *

Komentar

Berita Lainnya