oleh

Beni Hernedi Maksimalkan CSR ke Sektor Pendidikan

MUBA | Wakil Bupati Musi Banyuasin Beni Hernedi melakukan Peresmian dan Serah Terima Gedung SD Negeri Balin Desa Loka Jaya Kecamatan Keluang dan Gedung SD Negeri 1 Jantibun Desa Supat Barat Kecamatan Babat Supat, CSR dari PT Musi Banyuasin Indah, di SD Negeri Balin Desa Loka Jaya Kecamatan Keluang, Selasa (24/11/2020).

Dalam sambutannya Wabup Muba mengucapkan terima kasih kepada PT MBI yang telah menggelontorkan dana CSR untuk membangun dua sekolah tersebut.

“Tidak banyak perusahaan yang membangun, menggelontorkan CSR-nya selengkap ini. Membangun Kabupaten Muba ini, memang bukan domain Pemkab Muba saja. Ini contoh yang bagus, kolaborasi antara pemerintah perusahaan, dan sekolah,  yang wajib kita contoh kedepan untuk perusahaan-perusahaan yang lain,” ujar Beni.

Lanjut Beni pada tahun 2019 Negara ini Menteri Keuangan atas arahan Presiden Republik Indonesia telah menetapkan bahwa dimulai tahun 2020 dan seterusnya, perusahaan diberi fasilitas pemotongan pajak penghasilan bruto, sistem ini menguntungkan perusahaan, apabila perusahaan tersebut melaporkan penggunaan dananya untuk membantu dibidang riset pendidikan dan koperasi.

“Itu cara negara mendorong agar perusahaan itu mengeluarkan uang, dalam aturan itu jika perusahaan mengeluarkan dananya 1 miliar maka seandainya pajak perusahaan 2 miliar cukup dibayar 1 miliar. Kedepan ini kita dorong perusahaan di Muba ini seperti itu,” kata Wabup.

Menurut laporan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Muba Musni Wijaya SSos MSi bentuk fasilitas pendidikan yang diserahterimakan dari PT MBI kepada SD Negeri Balin Kecamatan Keluang antara lain, Pembangunan Gedung RKB sebanyak 9 (sembilan) kelas, rehab gedung sebanyak 19 unit, pembangunan pagar keliling sekolah, meja belajar peserta didik 480 buah, meja guru 46 buah, marching band dan alat kesenian tradisional, gitar 3 buah, jam dinding 22 buah, kipas angin 44 buah, AC 4 buah, ruang Laboratorium 2 unit, komputer 10 unit, lemari 20 buah, WC guru 2 buah, WC siswa perempuan 5 buah, WC siswa laki-laki 6 buah, ambal 6 buah, Al Qur’an 8 buah, kotak sampah 20 buah, sapu 20 buah, legar 3 buah, tabir pembatas sekolah, dan penataan halaman.

Kemudian fasilitas untuk SD Negeri Jantibun Kecamatan Babat Supat, pembangunan gedung RKB 6 kelas, rehab gedung 7 unit, pagar keliling, meja belajar siswa, 250 buah, meja dan kursi guru 6 buah, musholla 1 unit, rumah guru 4 unit, kantin, WC 6 unit, komputer 10 buah, kipas angin 36 buah, kotak sampah 10 buah, tower, sumur air bersih, lemari kelas 6 buah, dan papan tulis 8 buah.

“Kami juga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas bantuan fasilitas sarana dan prasarana yang telah diberikan oleh PT Musi Banyuasin indah melalui program CSR dengan adanya bantuan ini tentunya akan membuat SD Negeri Balin dan SD Negeri Jantibun mampu untuk bersaing dalam meningkatkan mutu pendidikannya,” ucap Musni.

Sementara Asisten General Manager PT MBI Fuginfa menuturkan dari 16 pembangunan sekolah dari CSR PT MBI di Indonesia dua sekolah terpilih di Kabupaten Muba.

“Kita dari perusahaan melakukan kerjasama dengan Disdikbud bersama sekolah, dan menata semuanya dengan teratur. Semua bangunan ini, di planning dengan teliti sehingga lebih cantik dan nyaman untuk anak sekolah. Total biaya realisasi sebanyak 7 miliar untuk keseluruhan dua sekolah. Terima kasih semua dukungan yang diberikan kepada PT MBI, mendukung kami sehingga berhasil merenovasi sekolah ini dengan baik,” tandasnya. (Endang S)

Komentar

Berita Lainnya