oleh

Belasan Kafe Tanpa Izin di Lahat Ditutup

LAHAT – Sedikitnya 11 lokasi Hiburan malam di Kelurahan Lebuay Bandung dan Desa Muara Lawai Kecamatan Merapi Timur ditutup oleh petugas Gabungan Sat Pol PP, Polres, Kodim dan Subdenpom termasuk juga unsur Tripika Kecamatan Merapi Timur.

Operasi penutupan tersebut dalam rangka cipta kondisi yang dilaksanakan sejak pukul 09.00 Wib sampai 11.30 Wib. Dari penyisiran petugas gabungan berhasil menutup sebanyak 11 titik Cafe atau Hiburan malam.

“Ya, tadi kita bersama Polres, Kodim dan Subdenpom termasuk unsur Tripika,
hari ini merupakan tindaklanjut dari penutupan Cafe cafe sebelum. Dari lokasi, ada 11 titik cafe atau warung remang remang yang tidak mengantongi izin, sehingga, tindakan maupun sanksi tegas harus kita lakukan,” ungkap Kasat Pol-PP, Linmas, dan Damkar Pemkab Lahat, Fauzan Khoiri Denin AP MM, Rabu (1/9/2021)

Diakui Fauzan, selain petugas gabungan terlibat dalam penutupan 11 titik Cafe di Kelurahan Lubay Bandung dan Desa Muara Lawai, juga disaksikan oleh unsur Tripika Kecamatan Merapi Timur, Kabupaten Lahat.

“Yang jelas penutupan ini, dikarenakan Ilegal dan tidak mengantongi izin, bahkan, beraktivitas sampai dini hari, ditambah lagi, dengan diduga terdapat peredaran Minuman Keras (Miras) dan Narkoba,” ujarnya.

Selain itu, menurutnya, 11 titik cafe hitam malam Ilegal di Kelurahan Lubay Bandung dan Desa Muara Lawai telah melanggar Peraturan Daerah (Perda) Tentang Penyelenggaraan ketertiban, kebersihan dan keindahan, tentang penjualan Minuman beralkohol, tentang izin usaha hiburan dan Peraturan Bupati (Perbup) Tentang Penegakan Disiplin Prokes.

Maka dari itu, sambung Fauzan, Satpol PP bersama aparat penegak hukum (TNI, Polri dan Pom) telah melakukan pembinaan dalam bentuk himbauan, teguran tertulis dan sidak ditempat sipemilik cafe.

“Hari ini (Selasa 31-08-2021) Satpol PP bersama dengan unsur Forkompinda, Forkompincam dan Unsur Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat telah memasang himbauan penutupan di 11 titik cafe di Kelurahan Lubay Bandung dan Desa Muara Lawai Kecamatan Merapi Timur Kabupaten Lahat,” pungkas Fauzan.

Sementara itu, Camat Merapi Timur Darmi Palestina BA mengakui aktifitas hiburan malam di Muara Lawai dan Lebuay Bandung selama dirinya menjabat belum ada koordinasi maupun mengurus izin sehingga dinilai layak untuk dilakukan penutupan.

“Dengan penutupan ini saya berharap tidak ada lagi kelurahan dari masyarakat sekitar,” ujarnya. (Sfr)

Komentar

Berita Lainnya