pemkab muba pemkab muba pemkab muba
Palembang

Atasi Kebakaran Lahan TPA Sukawinatan, DLH Minta Bantuan ke Manggala Agni

365
×

Atasi Kebakaran Lahan TPA Sukawinatan, DLH Minta Bantuan ke Manggala Agni

Sebarkan artikel ini
pemkab muba

Petugas pemadam kebakaran bersama Dinas Lingkungan Hidup kota Palembang berjibaku memadamkan api di lahan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah Sukawinatan Palembang Senin 14 Agustus 2023.

Kebakaran lahan di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah Sukawinatan sudah terjadi sejak Jumat malam api sempat padam sabtu namun Senin api muncul lagi bahkan membesar.

Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup kota Palembang Haris Satria mengatakan pemerintah kota Palembang melalui dinas Lingkungan Hidup kota Palembang koordinasi dengan pemadam kebakaran bersama BPBD sudah melakukan pemadaman sejak Sabtu kemaren.

“Hari ini kami kembali melalukan pemadaman api yang melibatkan manggala agni BNPB pemadaman dilakukan sejak pagi hari. Karena angin kencang sehingga api terus membesar,”katanya, Senin 14 Agustus 2023.

Diakui Haris kendala yang dihadapi petugas dalam melakukan pemadaman adalah kekurangan sumber air dilokasi. Akan tetapi banyak bantuan dari pihak lain khususnya manggala agni yang ikut membantu pemadaman api.

“Kondisi lahan yang terbakar seperti lahan gambut, karena kondisi cuaca yang panas ditambah kondisi tumpukan sampah yang mengandung gas sehingga api cepat membesar,”jelasnya.

Dikatakan Haris, upaya yang dilakukan DLH untuk mendapatkan sumber air dengan menggali lobang di Sungai dangkal yang ada dilokasi dengan menampungnya kedalam tangki.

“Kami akan terus melakukan pemadaman sampai api benar benar padam, api ini sudah muncul sejak hari jumat sudah kami padamkan karena titik apinya banyak ditambah cuaca panas sampah yang mengering membuat api hidup dan membesar. Kami terus berkoordinasi dengan pihak pemadaman kebakaran, BPBD dan manggala agni jika memang api masih belum bisa dipadamkan kami akan menggunakan water bombing melakukan pemadaman lewat udara,”pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *