oleh

(Artikel) Tips Persiapan Menjadi Anggota Polri

Oleh : Muhammad Farhan Asyraf.(Brigadir Taruna Akademi Kepolisian/AKPOL)

Sekarang ini banyak sekali animo dari masyarakat untuk masuk ke sekolah kedinasan. Kenapa sih kedinasan menjadi favorit banyak orang?.

Alasannya karena sekolah kedinasan ini tidak di pungut biaya sepeserpun sehingga hal itulah yang menarik minat dari masyarakat untuk mendaftar.

Saya merupakan taruna akademi kepolisian di semarang. Saya mendaftar akademi kepolisian melalui daerah asal saya yaitu Polrestabes Palembang Polda Sumatera Selatan. Pada saat itu saya mendaftar di tahun 2018.

Disini saya akan membagikan pengalaman saya mengenai apa saja tips untuk persiapan tes masuk Polri .

1. Administrasi

Di tahap ini para pendaftar diminta untuk menyiapkan berkas administrasi berupa data riwayat hidup, identitas diri, data nilai sekolah, dan penunjang lainnya. Tahap ini tidak bisa di anggap sepele, karena tahap ini memerlukan persiapan yang tidak sebentar

2. Kesehatan

Kemudian kita berlanjut ke tahapan yang kedua yaitu tes kesehatan. Di tes kesehatan ini pun terbagi menjadi dua tahap yaitu tahap kesehatan tahap 1 dan tahap 2. Di kesehatan 1 ini merupakan bagian luar tubuh sedangkan untuk tahap 2 ini merupakan bagian dalam. Tips yang tepat untuk melewati tes ini berupa jaga kondisi fisik, apa yang kita makan selalu kita perhatikan dan istirahat yang cukup. Namun untuk sebagai saran, alangkah baiknya kalo kalian memeriksakan diri ke dokter terlebih dahulu.

3. Psikologi

Selanjutnya di tahap psikologi ini kalian akan diberikan persoalan mengenai masalah psikologi kalian. Tips saya kalian banyak banyak baca referensi soal mengenai tes psikologi Polri.

4. Jasmani

Menurut saya di tes ini yang agak berat. Dikarenakan untuk persiapan fisik itu tidak bisa instan harus dilakukan setidaknya 6 bulan sebelum tes. Item disini adalah lari 12 menit, pull up, sit up, push up dan shuttle run

5. Akademik

Nah ini dia yang paling beratnya yaitu tes akademik. Pada tes ini kita diharuskan menjawab persoalan yang berjenis pengetahuan umum. Tips untuk melewati ini yaitu harus banyak banyak belajar dari bank soal yang dapat di beli di toko-toko buku di daerah kalian.

Nah itu dia gambaran besar dari tips masuk Polri, untuk bisa bersaing di Polri ini hanya kemampuanlah yang membuat kita bisa bersaing secara sehat, dikarenakan Polri khususnya SDM telah menerapkan prinsip BETAH yaitu bersih, transparan, akuntabel dan humanis. Sehingga dalam pelaksanaannya tidak ada lagi yang namanya calo ataupun katabelece. Hal itu selaras dengan program kerja Kapolri yaitu PRESISI (Prediktif, Responsibilitas, dan Transparansi berkeadilan).

Komentar

Berita Lainnya