oleh

Anggota Pramuka UIN Raden Fatah Palembang Terima Lencana Teladan Tingkat Nasional

PALEMBANG – Anggota Pramuka Pandega Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang, Agus Salim menerima penghargaan Lencana Teladan Tingkat Nasional. Hal ini diserahkan saat upacara peringatan hari Pramuka tingkat nasional di gedung Pandansari Taman Rekreasi Wiladatika Cibubur, Sabtu (14/8/2021).

Penghargaan yang didapat oleh Agus ini berdasarkan Surat Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 110 Tahun 2021 Tentang Penganugerahan Tanda Penghargaan Lencana Teladan, yang ditandatangani pada tanggal 30 Juli 2021 oleh Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Komjen (Purn) Budi Waseso.

Dalam surat keputusan tersebut, terdapat dua orang dari Sumatera Selatan yang mendapat penghargaan. Selain Agus Salim, ada nama Susi Mahmudah yang juga anggota Pramuka UIN Raden Fatah Palembang yang mendapatkan penghargaan serupa, namun dikarenakan kondisi Pandemi Covid-19 yang belum mereda, pada saat penganugerahan penghargaan tersebut Kwartir Nasional membatasi jumlah penerima penghargaan, dan Agus Salim salah satu orang yang terpilih.

Perasaan senang dan bahagia pun sangat dirasakan oleh pemuda kalem ini. “Alhamdulillah sangat bangga sekali. Tidak menyangka bisa diundang dan disematkan langsung di Kwartir nasional,” ujar Agus.

Agus sendiri mendapatkan Lencana Teladan dikarenakan telah memperlihatkan sikap laku yang utama, yang tampak dari usaha, tanggungjawab, keuletan, kesabaran, ketabahan, kesopanan, keramahtamahan serta akhlak yang luhur, sehingga dirinya dapat menjadi teladan bagi anggota Gerakan Pramuka, keluarga, dan anggota masyarakat lainnya.

Selain itu, Agus juga telah membuktikan kualitasnya, karena sejak tahun 2019 telah menjadi Pramuka Garuda di Kwartir Cabang Kota Palembang dan kini turut menjadi anggota Association of Top Achiever Scouts (ATAS) yang merupakan wadah perkumpulan Pramuka/Pandu sedunia yang telah mencapai tingkatan tertinggi di negaranya masing-masing.

“Saya bersyukur kepada Allah SWT atas karunia ini, selain itu saya mengucapkan terima kasih kepada Kwartir Cabang Kota Palembang, Kwartir Daerah sumatera Selatan dan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka atas penganugrahan ini. Terlebih kepada Rektor UIN Raden Fatah Palembang, teman-teman pramuka di gugusdepan UIN Raden Fatah Palembang, khususnya kakak Pembina saya yang tidak pernah berhenti memberikan support dan motivasi sehingga Lencana Teladan ini saya dapatkan. Ini akan menjadi kado terindah ulang tahun saya tahun ini” tambah Agus yang pada tanggal 12 Agustus kemarin berusia 25 tahun.

“Saya berharap bahwa saya ini bukan pertama dan terakhir, karena saya yakin di Sumatera Selatan banyak Pramuka yang selalu menjadi teladan dan dapat mencapai apa yang saya dapatkan saat ini, tetaplah mengabdi dan tunjukkan kepada dunia bahwa Pramuka juga memiliki peranan penting dalam pembangunan karakter kaum muda di Indonesia” katanya menambahkan.

Pada saat menerima penghargaan, Agus didampingi oleh Dr. Arwan, MPdI (Anggota Mabigus UIN Raden Fatah, H. Mawardi Ahmad, SAg MPdI (Sekretaris Gugusdepan) dan Fajar Kamizi SHI MH (Pembina Golongan Pandega UIN Raden Fatah). (Ade)

Komentar

Berita Lainnya