oleh

Anggaran Pilkada Palembang Ditaksir Rp 60 Miliar

PALEMBANG, RP – Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Kota Palembang yang akan berlangsung 2018 masih terbilang lama, namun Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menyiapkan program anggaran dalam Pemilukada yang ditaksir mencapai Rp 60 miliar.

“Ini belum final, perkiraannya anggaran mecapai Rp 60 miliar, namun anggaran bisa mengalami peningkatan maupun penuruan,”kata Abdul Karim Nasution Komisioner KPU Palembang, usai melakukan pertemuan dengan Walikota Palembang H Harnojoyo, Ssenin (5/4).

Menurut Abdul Karim, anggaran pemilukada nanti dipastikan akan mengalami peningkatan dari Pemilukada tahun 2013 lalu, salah satu yang mengalami peningkatan honor Petugas PPS dan PPK, pada tahun 2013 lalu honor PPS dan PPK Rp 1,2 untuk satu petugas sekarang menjadi Rp 1,8 juta.

“Selain itu dalam aturan nanti apakah biaya kampaye alat teribut dan sebagainya didanai oleh partai politik atau calon kandidat kepala daerah atau menggunakan atau APBD, kalau menggunakan APBD tentu angaran sekitar rp 60 miliar termasuk juga logistik surat suara dan lainnya,”kata Karim.

Besaran anggaran yang digelontorkan nanti mengacu pada Daftar Pemilih Tetap (DPT) jika DPT nanti besar otomatis anggaranya juga besar, namun jika DPT kecil maka anggaran juga dapat menurun.

“Besar atau kecilnya anggaran yang disetujui nnati oleh Pemerintah nanti tergantung dari jumlah DPT, DPT Palembang berkisar 1,5 juta pemilih,”ungkapnya.

Pihaknya juga akan melakukan rapat rapat koordinasi dengan KPU Sumsel, karena pemilukada dilakukan secara serentak dengan Pilgub Sumsel 2018 mendatang, dalam rapat nanti apakah akan mendapatkan bantuan dari ABPN, APBD Provinsi dan Kota.

“Sesuai dengan dengan jadwal pemilukada palembang akan berlangsung pada tahun 2018 mendatang, artinya pemilukada Palembang tidak akan berlangsung secara serentak dengan Pemilukada Muba pada tahun depan,”tukasnya (Supardi)

Komentar

Berita Lainnya