oleh

AKP Endang Umi Kartini, Polwan Andalan Bid Humas Polda Sumsel

Palembang l Penerangan Satuan menjadi salah satu sarana Bid Humas Polda Sumsel untuk menyampaikan arahan dan informasi dari Kapolda Sumsel maupun Pejabat Utama Polda Sumsel kepada Para Personel Polda Sumsel dan Polres Jajaran.

Di Bid Humas Polda Sumsel, nama AKP Endang Umi Kartini tidak bisa dipisahkan lagi dengan pembuatan Penerangan Satuan (PENSAT). Beliau merupakan Paur Pensat yang bertanggung jawab dari Pembuatan dan pendisribusian Penerangan Satuan tersebut sehingga dapat diketahui dan dilaksanakan oleh Personel Polda Sumsel dan Polres Jajaran.

Saat ditanyai awak media dengan Senyum manis AKP Endang Umi Kartini menceritakan, bahwa tugas dan tanggung jawab pembuatan Penerangan Satuan tidaklah mudah karena harus sesuai dengan isi arahan dan informasi dari Kapolda Sumsel ataupun dari Pejabat Utama.

” Tetapi dengan dibantu oleh anggotanya yaitu Aipda M. Aliudin, Sh dan Briptu Tri Handayani maka tugas dan tanggung jawab tersebut jadi mudah sehingga tidak terasa sudah 3 Tahun ( Juli 2018 sampai sekarang) Istri dari Kombes Pol Teguh P. Nugroho, SIK Kabid TIK Polda Aceh ini menjadi menjadi Paur Pensat Subbid Penmas Bid Humas Polda Sumsel,” ungkapnya.

Dibawah kepemimpinannya Subbid Penmas khususnya Pensat, sudah banyak mengeluarkan Produk Penerangan satuan sehingga Para Personel Polda Sumsel dan Polres jajaran dapat mengetahui dan melaksanakan arahan, informasi dan Kegiatan yang dilakukan oleh Kapolda Sumsel dan Pejabat Utama Polda Sumsel.

Lulusan Sepolwan Angkatan XVII tahun 1994 selain melaksanakan tugas sebagai Paur Pensat Bid Humas Polda Sumsel juga tidak melupakan untuk melaksanakan tugas sebagi Ibu dari 3 Anak (Kukuh, Alvin dan Nadin) serta istri dari Kabid TIK Polda Aceh.

AKP Endang Umi Kartini setelah Pulang ke rumah dari melaksanakan tugas sebagai Paur Pensat langsung menjadi Ibu rumah tangga. Mulai dari membersihkan rumah, menyiapkan sarapan, makan dan mendampingi anak-anak ketika belajar maupun melaksanakan ibadah.

Dengan tersenyum Bu Endang, biasa dipanggil ini mengatakan bahwa dulu ketika masih kecil bercita-cita menjadi seorang dokter. Biar bisa menyutik dan mengobati orang sakit. Tetapi seiring waktu dan takdir membawa dan menjadikan Bu Endang seorang Anggota Polwan.

Penugasan pertama yang diterima setelah menjadi Polwan adalah menjadi anggota Polretabes Semarang Polda Jateng Pada pertengahan 1994, Di Polrestabes Semarang inilah AKP Endang bertemu dengan Suaminya yaitu AKBP Teguh P. Nugroho, SIK,

Menurut wanita kelahiran magelang ini, tidak ada duka dalam menjalani tugas sebagai Paur Pensat Subbid Penmas Bid Humas Polda Sumsel. Karena disini kita mengetahui cara merekam dan mengolah arahan pimpinan menjadi Lembar Penerangan Satuan dan mendisribusikannya ke seluruh personel Polda Sumsel dan Polres jajaran.

Benar kata pepatah, Dimana ada Pertemuan Pasti Ada Perpisahan. Terhitung tanggal 25 Agustus 2021 sesuai Telegram dari Mabes Polri AKP Endang Umi Kartini harus pindah (mutasi) ke Polda Aceh mengikuti suaminya yaitu Kombes Pol Teguh yang diamanatkan menjadi Kabid TIK Polda Aceh.

AKP Endang Umi Kartini ini berpesan kepada seluruh anggota Polri dan Polwan agar selalu berbuat baik kepada siapapun dan melaksanakan tugas dengan rasa tanggung jawab.

” Karena itu semua ibadah,” ucapnya saat salam perpisahan bersama staf Subbid Penmas Bid Humas Polda Sumsel, Jumat (03/09/2021). (Abdus)

Komentar

Berita Lainnya