pemkab muba pemkab muba
OKI Mandira

Guna Permudah Layanan Masyarakat, Disdukcapil Terus Lakukan Inovasi

149
×

Guna Permudah Layanan Masyarakat, Disdukcapil Terus Lakukan Inovasi

Sebarkan artikel ini
IMG-20220617-WA0019
pemkab muba pemkab muba

OKI – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) terus memudahkan layanan kependudukan bagi warganya.

Melalui inovasi KIAIKU (Penerbitan Kartu Identitas Anak Kecilku) dan Husnul Khotimah (Penerbitan Akta Kematian, Ahli Musibah Tunggu Di Rumah) masyarakat cukup urus dari rumah, lebih cepat dan mudah.

Bupati OKI melalui Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejaterahan Rakyat, Drs. H. Antonius Leonardo mengapresiasi Disdukcapil OKI yang terus menghasilkan inovasi dan mempermudah masyarakat untuk mendapatkan layanan Adminduk.

“Semua kemajuan dan inovasi yang telah dihasilkan Disdukcapil OKI ini harus terus dijaga. Jangan hanya dipenuhi euforia di awal saja. Harus dijaga konsistensi manfaatnya”, ungkap Anton, Jumat (17/06/2022).

Anton menambahkan, hal yang terpenting dari setiap layanan pemerintah itu tidak hanya mudah, dekat dan tanpa biaya harus terus ditingkatkan dan bisa diakses untuk semua.

Sementara Kepala Disdukcapil OKI Hendri mengatakan, inovasi Husnul Khotimah dilatarbelakangi minimnya pelaporan kematian penduduk.

“Minimnya penduduk yang melaporkan peristiwa penting kependudukan yaitu meninggalnya anggota keluarga. Dengan ini, cukup diproses dari rumah, petugas akan mengantarkan Akta Kematiaan sehingga data kependudukan jadi lebih akuntabel,” kata Hendri.

Guna mendukung program GISA yaitu Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan, Disdukcapil OKI juga melakukan perjanjian kerjasama dengan taman rekreasi Kolam Renang Fibelia, Toko ATK Grandsun, dan Blitz KTV dan Resto Kayuagung.

“Kerjasama dan kolaborasi agar layanan pengurusan Adminduk di OKI bisa lebih cepat, mudah dan dan bisa diakses untuk semua kalangan,” imbuhnya.

Sebelumnya, Disdukcapil OKI dikenal dengan banyak terobosan yang telah dilakukan, antara lain Jalades Kaboki, (Jemput bola ke desa-desa untuk perekaman KTP, pembuatan kartu keluarga, akta kelahiran dan KIA.

Inovasi Antar Duku Kab OKI (Antar Gratis Dokumentasi Kependudukan Dalam Kab OKI) yang bekerja sama dengan PT. POS.

Pandu Samara (Pemberian Dokumen Kependudukan bagi Pasangan Baru Menikah di Kab OKI) yang bekerjasama dengan Kantor Kemenag Kab. OKI.

Ada juga Inovasi Biduk Kajang (Bidan Buat Dokumen Administrasi Kependudukan, layanan rumah berupa KK, Akta kelahiran dan KIA).

InovasiĀ UBI SEHAT OKI (Buat Administrasi Kependudukan bersama Dinas Kependudukan), BAKPIA (Buat KIA bersama Pelaku Usaha Kolam Renang di KAB.OKI) ; dan Inovasi Pondok Duren (Penerbitan Dokumen Admintrasi Kependudukan bagi Penduduk Rentan).

“Berdasarkan hasil rapat evaluasi pelayanan DISDUKCAPUM SE-INDONESIA semester II Tahun 2021 oleh Dirjen Dukcapil Kemendagri, peringkat pelayanan Disducapil OKI telah mencapai level 4 yaitu kateogri tertinggi,” jelas Hendri.

Masih di tahun yang sama, dijelaskan Hendri, Disdukcapil OKI juga mnerima penghargaan dari Kemenpan RB, kategori pelayanan sangat baik pada tahun 2021.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *