oleh

65 Pelajar di Basel jadi Agen Pengawas Pilkada

TOBOALI – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bangka Selatan (Basel) mengukuhkan 65 pelajar SLTA se-Bangka Selatan sebagai Agen Pengawas Pilkada Bangka Selatan, Rabu (18/11) di Grand Marina Hotel Toboali.

Para siswa ini sebelumnya telah mengikuti pendidikan politik kelas pengawasan oleh Panwaslu di 8 kecamatan yang tersebar di Negeri Junjung Besaoh.

Ketua Bawaslu Basel Sahirin mengatakan selain melakukan pengukuhan, para siswa yang juga pemilih pemula ini mendapatkan sosialisasi tentang pengawasan partisipatif oleh Bawaslu Basel serta Pokja Jurnalis Basel.

“Ini tindak lanjut program Panwascam yaitu Kelas Pengawasan bagi pemilih pemula di seluruh kecamatan, setelah tadi sosialisasi pengawasan mereka langsung kita kukuhkan menjadi Agen Pengawas Pemilihan,” kata Sahirin.

Menurutnya, para siswa Agen Pengawas ini bertugas untuk melakukan edukasi pendidikan politik kepada keluarga serta warga di lingkungannya untuk tidak golput, menolak politik uang serta meningkatkan partisipasi pemilih.

Selain itu, para Agen Pengawas Pilkada ini akan mendata pemilih pemula yang pada 9 Desember mendatang gena berusia 17 tahun.

“Dan jika tidak membebankan para agen ini akan turun sosialisasi door to door kepada tetangga dan lingkungannya, dan kita ingatkan mereka tidak golput dan tidak tergiur dengan money politic,” imbuhnya.

Sahirin berharap selain dapat memberikan energi baru edukasi politik di tingkat pemilih pemula, keberadaan Agen Pengawas Pilkada ini akan meningkatkan partisipasi pemilih khususnya di tingkat pemilih pemula.

“Kita harapkan para Agen Pengawas ini dapat memberikan edukasi politik kepada teman temannya sesama pemilih pemula, jangan Golput, tolak politik uang hingga muara yang kita harapkan adalah meningkatnya partisipasi pemilih, dan dan secara umum kita harapkan bersama Pilkada Basel berlangsung lancar, aman dan damai,” pungkasnya.(Devi)

Komentar

Berita Lainnya