oleh

37 Bandit Terciduk Selama Operasi Sikat Musi di Musirawas

MUSIRAWAS – Selama kurun waktu tiga pekan terakhir, tim landak Satreskrim Polres Musirawas (Mura) ungkap 33 kasus tindak kriminal Curas, Curat dan Curanmor alias 3C. Dari hasil itu, petugas opsnal di bawah pimpinan Kasatreskrim AKP Alex Andrian berhasil meringkus 37 orang tersangka spesialis 3C yang kian resahkan warga di sejumlah wilayah di Kabupaten Mura.

Sesuai tujuannya, operasi ini dilakukan untuk menekan tindak kriminalitas, sekaligus menjaga situasi kabtibmas yang kondusif menghadapi pesta demokrasi Pilkada 09 Desember 2020. “Sudah sejak, 08 sampai 30 November digelarnya Ops Sikat Musi 2020. Adapun, untuk hasilnya ada sekitar tiga puluhanan perkara berhasil diungkap, bersama 37 tersangka sebagian besar pelaku 3C,” ungkap AKBP Efrannedy, Selasa (1/12/2020).

Menurutnya, target awal operasi Sikat Musi ini adalah kejahatan 3C serta tindak pidana lainnya. “Namun, karena koordinasi yang baik antara Intelkam dan Resesse berhasil mengungkap 33 perkara dengan tersangka sebanyak 37 orang,” ujarnya.

Pria Mantan Gakkum Korlantas Polda Kalteng ini menyebutkan, sepanjang tahun ini kasus kejahatan konvensional jalanan, bisa dipastikan turun drastis yakni hanya 250 perkara, sedangkan tahun lalu sebanyak 537 perkara.

“Ya, artinya tindak di tahun ini Alhamdulillah tindak kriminal di wilayah hukum polres Mura bisa ditekan. Yang mana, kita bukan hanya menangkap tapi juga upaya pencegahan dan itu berhasil dibuktikan dengan menurunya. Walaupun, pengungkapan sendiri naik tetapi kita pastikan untuk tunggakan tahun lalu kita akan selesaikan,” tegasnya.

Sementara untuk detail hasil giat ops Sikat Musi jajaran Satreskrim yang mendominasi pengukapan kasus 3C diantaranya, kasus Curat dan Curas dan ada juga kasus Curanmor. Kemudian kasus lainya, yakni Cabul, Sajam, Korupsi dana BLT-DD tahun 2020. “Disamping target 3C, Polres Mura juga terus melakukan pengungkapan kasus narkoba. dan dua kasus ini menjadi atensi,” jelasnya.

“Bb khususnya 33 Kasus yakni didomonasi 3C ini, ada beberapa Bb unit kendaraan roda dua sebanyak 9 unit dan roda empat sebanyak 2 unit, sajam, dan BB lain sebagainya,” tandasnya.

Kepada pelaku yang mempunyai niat untuk melakukan kejahatan di Kabupaten Mura, Polres Mura tidak main main pasti akan kami ungkap dan kita kejar sampai tuntas, baik 3C maupun Narkoba. “Selain itu, juga menegaskan, agar menindak tegas terukur, jangan gentar jangan takut terhadap pelaku. Jika memanuhi unsur cukup bukti, tindak tegas,” tukasnya. (NURDIN).

Komentar

Berita Lainnya