oleh

23 Kontingen NPC Babel Menuju Papua Siap Berlaga di Peparnas XVI 2021

PANGKALPINANG – Secara simbolis Wakil Gubernur (Wagub) Provinsi Bangka Belitung, Abdul Fatah didampingi Kadis Parbudkepora Suharto dan Kabid Olahraga Harun melepas kontingen National Paralimpic Committee (NPC) Babel bersama official yang akan berlaga di ajang Pekan Paralimpic Nasional (Peparnas) XVI Tahun 2021.

Even nasional akan digelar 2-15 November 2021 di Papua, diikuti kontingen Babel sebanyak 23 orang terdiri 10 atlet dan 13 official

Dalam pelepasan itu, Wagub Abdul Fatah mengharapkan para atlet dan official harus terus menjaga kesehatan dan selalu menjalankan protokol kesehatan yang ketat dimasa pandemi covid 19 ini.

“Pandemi covid belum usai, jaga kesehatan, pemerintah selalu mensupport kalian semua, tidak ada perbedaan dengan atlet-atlet PON kemarin, semua sama. Insyaallah kalau ada waktu saya akan hadir untuk mendukung perjuangan kalian guna mengharumkan nama Babel ditingkat nasional, jaga kekompakkan dan persaudaraan serta junjung sportivitas,” kata Wagub di ruang kerjanya, Jumat (29/10/2021).

Selain itu Wagub juga berterimakasih kepada pihak-pihak yang telah membantu terkait pembiayaan untuk keberangkatan atlet dan oficial ke Perpanas ini. “Terimakasih kepada PT Timah yang telah membantu, saya apresiasi yang tinggi,” ungkapnya.

Sementara itu, Kadis Parbudkepora Babel Suharto mengatakan sejak awal pihaknya sudah mengalokasikan anggaran terkait keikutsertaan Babel pada Perpanas tahun 2021 ini.

“Awalnya anggaran sangat minim namun ada intruksi dari pusat bahwa setiap provinsi harus mengirimkan atlet, dengan hal itu kami merubah situasi. Alhamdulillah semua atlet dapat kita bina dengan serius dan biaya sepenuhnya diambil dari anggaran APBD serta tentunya didukung oleh Komisi II DPRD Babel,” katanya.

Lebih lanjut Kadis Parbudkepora berharap kepada seluruh atlet yang akan bertanding nantinya bisa mengukir prestasi yang baik dan dapat tampil semaksimal mungkin.

“Saya yakin mereka bisa membawa pulang medali emas dan jumlahnya bisa melebihi raihan emas Babel pada PON Papua yang lalu, mari kita berdoa semoga mereka semua selamat disaat pergi dan pulang nanti. Terimakasih kepada Bapak Erzaldi selaku Gubernur Babel atas supportnya juga kepada Brimod Polda yang akan mengawal dan memberikan keamanan selama perjalanan,” imbuhnya.

Kontingen NPC Babel yang akan berlaga pada Perpanas XVI Tahun 2021 ini akan mengikuti sebanyak 4 cabang olahraga (Cabor) yaitu Atletik sebanyak 2 orang atlet, Bulutanggis 2 atlet, Catur 4 atlet dan Tenis Meja sebanyak 2 orang atlet.

Diketahui Pekan Paralimpiade Nasional atau Pekan Paralimpik Indonesia (Peparnas) adalah suatu ajang kompetisi yang menyerupai Pekan Olahraga Nasional (PON) bagi atlet penyandang disabilitas Indonesia.

Perbedaan PON dan Peparnas terletak pada pembagian kelas dan teknis pertandingan, dimana atlet dikelompokkan berdasarkan kondisi fisiknya. Dulunya, Peparnas disebut Pekan Olahraga Cacat Nasional (Porcanas), namun kemudian kata ‘cacat’ diganti dengan kata ‘paralimpiade’ seiring perkembangan yang terjadi di dalam organisasi Badan Pembina Olahraga Cacat (BPOC) Indonesia. (rz)

Komentar

Berita Lainnya