pemkab muba pemkab muba pemkab muba
Musi Banyuasin

2017, Pemkab Empat Lawang Akan Mencetak 3000Hektar Lahan Sawah

52
×

2017, Pemkab Empat Lawang Akan Mencetak 3000Hektar Lahan Sawah

Sebarkan artikel ini
4l
pemkab muba

2017, Pemkab Empat Lawang Akan Mencetak 3000Hektar Lahan Sawah EMPAT LAWANG I Sektor pertanian merupakan sektor unggulan Empat Lawang yang harus dipertahankan. Masyarakat yang mayoritas bekerja sebagai petani menggantungkan hidupnya dengan hasil pertanian, baik itu padi, durian, duku, hingga hasil pertanian lainnya. Untuk mencapai sebagai salah satu daerah lumbung padi, Pemerintah Kabupaten Empat Lawang akan mencetak sawah seluas 3000 hektar pada Tahun 2017.

Kepala Bapeda Empat Lawang, Drs Peterson Oki Bial MAP mengatakan, cetak lahan sawah ini di kawasan irigasi Lintang kiri Kecamatan Muara Pinang dan Kecamatan Lintang kanan akan dikerjakan bertahap dimulai 2017 mendatang.

“Rencana akan dilakukan secara bertahap pada tahun 2017 mendatang,” ujarnya, Kamis (29/12)

Pelaksanaanya tidak hanya Bapeda sebagai perencana juga menurutnya melibatkan instansi terkait seperti pertanian maupun pengairan.

“Saat ini baru tahapan Running test irigasi, mencoba penyaluran air sampai sejauh mana mengairi lahan persawahan,” ungkap Peterson Okki Bial.

Dikatakan Peterson hal ini merupakan penerapan grand stretegy pemerintah Empatlawang ke empat, selain pembangunan Sumber Daya Alam(SDA), pembanguna sumberdaya Aparur Sipil Negara dan pembangunan desa.

Tidak hanya itu ia menambahkan saat ini telah mulai pendatan lahan yang akan dicetak sawah milik warga di tingkat desa.

“Kemungkinan Irigasi lintang kiri berkemampuan mengairi sekitat 3000 hektar,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian, Peternakan dan Perikanan (DP3) Kabupaten Empat Lawang Rudianto SP M Si membenarkan pada 2017 nanti akan ada cetak sawah 3000 hektar di kawasan irigasi Lintang kiri Kecamatan Muara Pinang dan Kecamatan Lintang kanan.

“Rencana kita akan menggandeng TNI-AD dalam cetak sawah 3000 hektar di dua kecamatan tersebut. Hal itu sudah saya diskusikan dengan TNI,” pungkasnya (ridi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *