oleh

20 Hektar Sawah Siap Panen Tersapu Banjir Bandang

LAHAT – Sedikitnya 20 hektar sawah siap panen milik warga di empat Desa di Kecamatan Tanjung Sakti Pumi, Kabupaten Lahat rusak berat disapu banjir bandang, Sabtu (8/5/2021) Pukul 15.30 Wib.

Selain sawah, jembatan, rumah, kolam pemandian air hangat, tembok penahan tanah,, dan kolam ikan juga tidak luput dari terjangan air bah yang menggulung di sungai Pinindaian dan sungai Air Hangat yang menelusuri Desa Tanjung Bulan, Penandingan, Tanjung Sakti dan Negeri Kaya, Kecamatan Tanjung Sakti Pumi.

Meski tidak ada korban jiwa, puluhan petani padi dan warga setempat mengalami kerugian ratusan juta rupiah.

Bupati Lahat, Cik Ujang SH saat meninjau lokasi bandir bandang di Desa Penandingan, Tanjung Sakti dan Negeri Kaya, Senin (10/5/2021) mengatakan, musibah bandir bandang yang menimpa warga di empat desa ini telah mengakibatkan kerugian khususnya bagi para petani. Padi yang disapu banjir ini tidak bisa lagi dipanen, Dinas terkait hari ini juga akan segera turun untuk mendata.

“Semua lahan sawah dan infrastruktur yang rusak akibat becana ini, akan di data BPBD untuk segera ditindaklanjuti,” kata Cik Ujang.

Setelah meninjau banjir Bandang CIK UJANG. SH bupati kabupaten lahat berpesan Untuk pemerintah setempat serta TNI polri, maupun lapisan masyarakat senantiasa membantu sanak saudara yang tengah tertimpa musibah ini.

“Kami juga mengimbau kepada masyarakat mari kita jaga alam kita, pohon pohon-pohon, sungai. Diharapkan camat serta masyarakat menjaga keasrian alam di bantaran sungai ini,” ujarnya.

Menurutnya, air bah terjadi dikarenakan curah hujan yang tinggi serta sampah maupun pepohonan yang melintang di sungai mengakibatkan penumpuk material yang menghalangi kelancaran sungai sehingga menjadi bom air yang siap menyapu apapun di sekitar bantaran sungai. “Mari sama-sama jaga alam kita,” tegasnya.

Setalah meninjau lokasi banjir bandang CIK Ujang SH menuju perbatasan guna melihat proses pembersihan jalan Nasional perbatasan Bengkulu dan Lahat yang saat ini dapat dilalui masyarakat setempat. “Saya apresiasi OPD terkait dengan sigap mengantisipasi bencana alam, di Kecamatan Tanjung Sakti,” tandasnya. (Sfr)

Komentar

Berita Lainnya