Ekonomi & Bisnis

Subsidi Tarif Listrik 450 VA – 900 VA Diperpanjang Hingga Akhir 2021

107
diperpanjang-pelanggan-pln-450-900-va-dapat-subsidi-listrik-hingga-akhir-202161_700

JAKARTA – PLN Perpanjang Pemerintah melalui PT PLN (Persero) memperpanjang subsidi tarif listrik bagi pelanggan rumah tangga dengan daya 450 VA sampai dengan 900 VA dan bisnis kecil serta industri kecil dari yang awalnya hanya akan diberikan sampai September 2021 menjadi akhir Desember 2021.

Perpanjangan stimulus dan subsidi tarif listrik ini diberikan oleh pemerintah untuk meringankan beban masyarakat yang terdampak penerapan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kebijakan Masyarakat (PPKM) darurat yang dijalankan pemerintah demi menekan penyebaran corona.

“Perpanjangan stimulus ketenagalistrikan meliputi diskon tarif tenaga listrik bagi pelanggan rumah tangga 450 VA dan 900 VA, pelanggan bisnis kecil 450 VA, dan pelanggan industri kecil 450 VA,” kata Direktur Pembinaan Pengusahaan Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Ida Nuryatin Finahari, Kamis (29/7).

Dia menjelaskan perpanjangan subsidi listrik yang dilakukan hingga Desember nanti termasuk pembebasan biaya beban abonemen dan penerapan ketentuan rekening minimum kepada pelanggan sosial, bisnis, industri dan juga pelayanan.

Pembebasan rekening minimum diberikan sebagai bentuk stimulus dari PLN untuk sektor usaha. Sebanyak 25 golongan pelanggan tersebut, selain mendapatkan stimulus juga mendapatkan subsidi, dengan besaran selisih BPP dengan margin 7 persen dengan tarif tenaga listrik yang berlaku.

“Selain diberikan subsidi, juga diberikan stimulus oleh pemerintah selama pandemi covid-19. Sebagai contoh untuk pelanggan rumah tangga 450 VA selama ini telah diberikan subsidi, sampai Desember 2021 nanti juga diberikan diskon tarif 50 persen rekening listrik atau pembelian token,” kata Ida. (Net)

Exit mobile version