pemkab muba pemkab muba
Musi Banyuasin

Ratusan Balon Kades Empat Lawang Bakal di Tes Urine

79
×

Ratusan Balon Kades Empat Lawang Bakal di Tes Urine

Sebarkan artikel ini
pemkab muba pemkab muba

EMPAT LAWANG I Lebih dari 100 orang Bakal Calon (Balon) Kepala Desa (Kades) dari 40 Desa yang mengikuti Pemilihan Kepala Desa yang dijadwalkan pada 14 November mendatang, hari ini (18/10) mengikuti tes urine di Kantor Badan Narkotika Nasional (BNN) Empat Lawang.

Kepala BNN Empat Lawang, AKBP H Amancik Marzuki SE MM mengatakan, pelaksanaan tes urine langsung ditangani pihaknya dan akan disaksikan oleh Pejabat di lingkungan Pemkab Empat Lawang terutama pihak BPMPD Empat Lawang yang merupakan leading sector dalam perhelatan akbar masyarakat desa itu.

“Ya besok (hari ini) kita adakan tes urine, kita jadwalkan pukul 08.00 WIB, dan akan disaksikan oleh Pejabat lingkungan Pemkab, pihak BPMPD, Camat, dan lainnya,” ujar Amancik.

Setelah dilakukan tes urine, ia memaparkan, hasilnya pun segera diumumkan tanpa harus ditunda-tunda. “Selesai tes urine itu, langsung diumumkan, tanpa ditunda-tunda lagi,” ungkap dia.

Sementara itu, Kepala BPMPD Empat Lawang, Alhumaidy Saman mengatakan, sekitar 120 orang Balon Kades yang akan mengikuti tes urine di BNN itu. “Ada 40 desa yang ikut pilkades, kalau dikalikan 3 orang saja rata-rata setiap desa balon kadesnya, berarti sekitar 120 orang,” jelas Humaidy.

Tes urine itu, kata Humaidy, bukan berarti pendaftaran Calon Kepala Desa (Cakades) berakhir. Karena, tela dijadwalkan pendaftaran ditutup di 19 Oktober mendatang. “Bagi Balon Kades yang mau daftar silahkan, berarti tes urinenya susualan, tapi kalau sudah diatas tanggal 19 tidak bisalagi, karena jadwal tahapan yang dilakukan sudah beda lagi,” ujarnya

Bagi Balon Kepala Desa yang terbukti atau positif menggunakan narkoba, maka secara otomatis akan gugur menjadi calon. Hal itu mengacu pada Peraturan Daerah (Perda) Empat Lawang yang menginginkan pemimpin terpilih harus bersih. “Bagaimana mau memimpin kalau dia narkoba,” pungkasnya. (Ridi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *