Ekonomi & Bisnis

Produk Ibu dan Anak jadi Salah Satu Kategori Terlaris di Tokopedia

144
Tokopedia mencatat kategori Ibu dan Anak masih menjadi salah satu kategori yang paling laris di Tokopedia pada 2022.

Beritamusi.co.id – Tokopedia mencatat kategori Ibu dan Anak masih menjadi salah satu kategori yang paling laris di Tokopedia pada 2022.

“Transaksi pada kategori ini terus meningkat. Bahkan pada Semester I 2022, tercatat jumlah transaksi sub kategori Ibu dan Anak naik lebih dari 1,5x lipat dibandingkan dengan periode yang sama di 2021,” terang Head of Category Development Tokopedia, Ramadhan Niendraputra.

Ia menambahkan, Di kuartal III 2022, produk seperti Makanan & Susu Bayi, Popok, Perlengkapan Mandi Bayi Perawatan Bayi, dan Perlengkapan Makan Bayi merupakan beberapa produk yang paling banyak diburu pada sub kategori Ibu dan Anak.

Sementara di sub kategori Fesyen Anak, Tas Ransel Anak, Kaos Anak Laki-Laki, Sneakers Anak Laki-Laki, Setelan Anak Laki-Laki, dan Dress Anak Perempuan menjadi yang paling laris di kuartal III ini.

Jumlah pembeli untuk kategori ini pun semakin meningkat. Tokopedia mencatat ada kenaikan sekitar 1,5x lipat pada Semester I 2022 dibandingkan dengan Semester I 2021. Di sisi lain, Kota Medan, Palembang, Bandung, Semarang, Surabaya, dan Kabupaten Sidoarjo menjadi Kota/Kabupaten dengan transaksi tertinggi di kategori Ibu dan Anak Tokopedia.

Tren ini turut didorong oleh sederet inisiatif dari Tokopedia untuk memenuhi kebutuhan orang tua akan produk yang berkaitan dengan anak. Seperti Tokopedia Parents, sebuah ekosistem khusus di Tokopedia untuk mempermudah masyarakat, terutama komunitas orang tua, mendapatkan produk kebutuhan serta informasi relevan berkaitan dengan anak, keluarga dan rumah tangga.

“Data internal kami mencatat bahwa jumlah penjual yang ikut dalam Tokopedia Parents pun naik lebih dari 3x lipat pada kuartal III 2022 dibandingkan kuartal III 2021,” terang Ramadhan.

Di sisi lain, Tokopedia juga terus menggencarkan inisiatif hyperlocal untuk lebih mendekatkan UMKM lokal di berbagai daerah, termasuk kategori yang berhubungan dengan produk kebutuhan anak, dengan pembeli setempat agar memiliki kesempatan yang sama untuk bertumbuh. “Tercatat pengiriman terjauh untuk kategori Ibu dan Anak serta Fesyen Anak terjadi dari Banten ke NTT (Kupang),” tutup Ramadhan. (ril)

Exit mobile version