pemkab muba pemkab muba
Palembang

Permudah Pemetaan Dan Evaluasi, Kadisdik Gelar Pelatihan Rapor Pendidikan

6
×

Permudah Pemetaan Dan Evaluasi, Kadisdik Gelar Pelatihan Rapor Pendidikan

Sebarkan artikel ini
pemkab muba pemkab muba

Palembang – Seiring dengan perkembangan zaman, setiap instansi dituntut untuk menggunakan platform kekinian atau secara digitalisasi untuk memetakan dan mengevaluasi kinerja guru dan tenaga kependidikan di lingkungan Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Palembang.

Salah satu upaya yang dilakukan Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Palembang, Adrianus Amri untuk memetakan dan mengevaluasi guru dan tenaga kependidikan tersebut, pihaknya menggelar Pelatihan Aplikasi Bidang Pendidikan Melalui Platform Rapor Pendidikan Bagi Satuan Pendidikan Jenjang SMP Kota Palembang Tahun 2024 di Ballroom Hotel The Zuri, Selasa (22/10/2024).

Rapor Pendidikan ini, kata Amri, dirancang untuk memudahkan tenaga pendidik, seperti kepala sekolah dan guru dalam menyusun perencanaan program berbasis data yang tertuang dalam Standar Pelayanan Minimal (SPM). Perencanaan berbasis data ini akan mendorong kualitas pendidikan sehingga lebih terarah dan efektif.

“Melalui Rapor Pendidikan ini satuan pendidikan dimudahkan memiliki data hasil evaluasi. Kemudian karena terintegrasi, jadi semua aktivitas satuan pendidikan bisa digunakan secara komprehensif, sehingga diharapkan pendidikan di sekolah terencana dengan baik menggunakan basis data,” katanya.

Selain itu, Rapor Pendidikan menyajikan data yang diperbarui setiap tahunnya dari hasil asesmen dan survei-survei nasional. Data tersebut dapat dimanfaatkan oleh berbagai pihak, termasuk Pemerintah Daerah, Satuan Pendidikan, Mitra pembangunan, Orang tua peserta didik dan Publik. “Rapor Pendidikan itu sebagai sumber data yang objektif dan andal,” singkatnya.

Sementara itu, Plt Sekertaris Disdik Kota Palembang, Kapiatul Ahlia menambahkan, Pelatihan ini sendiri diikuti oleh sebanyak 200 orang perwakilan Kepala Sekolah, Waka Kurikulum dan Operator dari Sekolah Menengah Pertama (SMP) negeri dan swasta yang ada di Kota Palembang. “Kita juga mengundang narasumber dari Balai Penjamin Mutu Pendidikan (BPMP) untuk memberikan pelatihan yang mendalam kepada setiap peserta,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *