OKI Mandira

KPU OKI Verifikasi Langsung Dokumen Kedua Paslon ke Lembaga Pendidikan

50

OKI – Proses verifikasi administrasi maupun faktual terkait keabsahan berbagai berkas atau dokumen dari kedua pasangan calon (paslon) yang mendaftar yang akan bertarung di Pilkada 2024 telah dilakukan oleh pihak KPU OKI.

“Iya, di tanggal 3-4 kemarin kami melakukan verifikasi faktual dan verifikasi administrasi,” kata Divisi Penyelenggaraan KPU OKI, Antoni Ahyar, saat dikonfirmasi wartawan, Jumat (5/9/2024).

Ia mengaku, untuk memastikan keabsahan berkas pencalonan yang ditunjukan, pihaknya sudah turun langsung melakukan verifikasi faktual ke lembaga pendidikan sesuai ijazah para paslon.

Dijelaskan dia, untuk Muchendi Mahzareki menyertakan ijazah S1 dan S2 di Universitas Sriwijaya dan Supriyanto menunjukan ijazah di SMAN 1 Mesuji.

Sementara itu, untuk Dja’far Shodiq menunjukan ijazah SMA yang dilakukan verifikasi di Dinas Pendidikan, lalu Abdiyanto Fikri menunjukan S1 di Universitas Sjakhyakirti dan S2 di Universitas Muhammadiyah.

“Alhamdulillah hasil verifikasi kami, berkas yang mereka serahkan cocok, yang semua keabsahannya bisa dipertanggung jawabkan,” tambah dia.

Berikutnya, tahapan bergulir ke penetapan pasangan calon yang akan dilakukan di tanggal 22 September 2024. Setelah penetapan paslon, pada tanggal 23 September 2024 ada pengundian nomor urut paslon.

“Setelah itu ada deklarasi damai, tapi belum tahu tanggalnya kapan, yang pasti diawal-awal kampanye,” tandasnya. (Jang Mat)

Exit mobile version