Musi Banyuasin

Hari Pertama MTQ Sumsel di Muba, Peserta Antusias Unjuk Kebolehan Disetiap Lomba

71

MUBA – Hari pertama pelaksanaan lomba Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-XXX tingkat Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) berjalan dengan sangat baik dan lancar, Sabtu (4/5/2024).

Sejumlah cabang yang diperlombakan hari ini dimasing-masing venue sesuai dengan jadwal, salah satunya lomba Karya Tulis Ilmiah Alquran (KTIQ) yang digelar di Auditorium Pemkab Muba dengan jumlah peserta 20 orang, terdiri dari 10 orang putra dan 10 orang putri.

Ketua Dewan Hakim Cabang Lomba KTIQ Kabupaten Muba, Topan Saputra SPd.I menjelaskan, bahwa lomba karya tulis ilmiah dengan mengangkat dua tema, yaitu tentang pemberdayaan ekonomi umat dan IT.

Diterangkannya, karya tulis ilmiah Alquran ini merupakan jenis pembinaan dalam membuat karya ilmiah yang berbasis kandungan Alquran.

“Peserta menulis makalah sekitar 10-15 lembar, peserta diperbolehkan membawa laptop dengan sistem pakai silang antar peserta agar peserta tidak copy paste. Boleh bawa buku, jurnal dan referensi yang sesuai tema,” kata dia.

“Dan saat ini masih tahap penyisihan, nanti malam baru dinilai, pengumuman ke semi final 6 orang laki-laki dan 6 perempuan. Selanjutnya mereka menulis kembali untuk ke babak final, dimana peserta akan mempresentasi makalah di depan dewan hakim disertai tanya jawab. Peserta harus bisa mempertahankan ide-ide mereka tersebut dengan argumen ilmiah,” tandasnya. (Endang S)

Exit mobile version