Palembang

Dorong Percepatan Penggunaan Produk Dalam Negeri, BPKAD Palembang Hadiri Rapat Bersama Kemenperin

35

Palembang – Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Palembang, hadiri undangan rapat bersama Kementerian Perindustrian (Kemenperin) RI, Rabu (9/10/2024).

Kepala BPKAD Kota Palembang Ahmad Nashir melalui, Kabid Anggaran Fitrian Alexandy, SE., MM, mengatakan, undangan tersebut merupakan rapat kerja tim nasional Peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri (P3DN) dan forum komunikasi tim P3DN.

“Kemenperin RI mendorong daerah untuk melakukan percepatan penggunaan produk dalam negeri dengan target 95 persen,” kata Alex, saat dibincangi Kamis (10/10/2024).

Alex menjelaskan, program P3DN bertujuan untuk meningkatkan perekonomian nasional dan daerah agar masyarakat lebih menggunakan produk dalam negeri dibandingkan produk impor.

“Tim P3DN telah merumuskan 3 langkah strategi untuk penerapan peningkatan P3DN, pertama melakukan pengendalian produk impor produk dari luar negeri, kedua melakukan bisnis matching dari lembaga maupun pemerintah daerah kepada pelaku industri maupun produsen dalam negeri, dan ketiga melakukan indentifikasi terhadap perencanaan barang dan jasa,” ujarnya .

“Pada intinya kota Palembang, siap menjalankan Intruksi dari Presiden maupun Kemenperin RI terkait percepatan penggunaan produk dalam negeri,” tutupnya.

Diketahui, kegiatan itu di buka oleh, Sekretaris Jenderal Kemenperin RI, Eko S.A Cahyanto, adapun tema kegiatan tersebut adalah “sinergi berkelanjutan dalam pencapaian kemandirian industri nasional”

Dalam kesempatan itu Presiden RI Joko Widodo juga memberikan arahan serta instruksi yang jelas kepada lembaga dan pemerintah daerah untuk meningkatkan angka penggunaan produk dalam negeri dengan target 95 persen, komitmen ini juga diminta bukan hanya sekedar angka diatas kertas.

Exit mobile version