Lahat

Didatangi Ribuan Pengunjung, BPKAD Lahat Luncurkan Aplikasi SIAP

495

Lahat – Untuk mempermudah pelayanan terhadap tingginya animo kunjungan konsultasi ke Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Lahat. Kepala BPKAD Lahat luncurkan proyek perubahan berupa aplikasi Sistem Informasi Pelayanan Konsultasi (SIAP) BPKAD Lahat.

Kepala BPKAD Lahat Ghupran D SE MM menerangkan, catatan pihaknya tahun 2022 lalu, tercatat ada 5.129 kunjungan ke BPKAD Lahat. Tahun 2023 ini terhitung per 2 Januari sampai 30 September, sudah ada 4.772 kunjungan konsultasi. Jika diperhitungkan dalam satu tahun ini akan ada sebanyak 6.000 kunjungan ke BPKAD Lahat.

“Hal inilah yang jadi pemikiran dibuatnya sebuah inovasi, agar kunjungan yang sifatnya sederhana dapat dilaksanakan secara efisien bagi penerima layanan. Melalui penyediaan sarana konsultasi berbasis teknologi aplikasi SIAP BPKAD Lahat,” terang Ghupran ketika mensosialisasikan aplikasi SIAP BPKAD Lahat di Hotel Santika Lahat, Selasa (10/10/2023).

Inovasi yang digagas oleh Kepala BPKAD Lahat ini merupakan proyek perubahan dirinya sebagai peserta Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) II angkatan XX Kabupaten Lahat tahun 2023. Dengan adanya aplikasi SIAP BPKAD Lahat ini, calon penerima layanan yang sifatnya standar tidak perlu lagi datang ke BPKAD Lahat, bisa sampaikan pertanyaan melalui aplikasi SIAP.

“Kunjungan yang bersifat sederhana dapat dilaksanakan lebih efisien bagi penerima layanan. Jadi yang berasal dari kecamatan yang jauh, tidak perlu lagi buang waktu dan biaya untuk berkonsultasi ke BPKAD Lahat,” sampainya.

Selain layanan bersifat standar bagi pemohon layanan yang bersifat kompleks dan penyediaan data, Ghupran menyebut, pihaknya juga telah menyediakan ruang konsultasi di kantor BPKAD Lahat. Dengan begitu, kehadiran pemohon layanan tidak akan mengganggu kinerja pegawai lainnya yang berada di BPKAD Lahat.

“Kami berharap adanya inovasi ini dapat membantu semua penerima layanan, baik konsultasi maupun koordinasi. Serta dapat menjaga keamanan data dan kenyamanan pegawai di BPKAD Lahat,” ucapnya.

Sementara, Bupati Lahat H. Cik Ujang SH selaku mentor peserta PKN II angkatan XX Kabupaten Lahat tahun 2023 mengharapkan, inovasi yang digagas oleh Ghupran bisa benar berjalan. Mengingat inovasi ini sangat baik untuk menunjang kinerja pegawai BPKAD Lahat dan jajaran OPD Pemkab Lahat untuk mencapai visi-misi Kabupaten Lahat.

“Inovasi proyek perubahan ini harus dijalankan, sehingga tujuan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelaksanaan tugas dan kewenangan OPD dapat terwujud,” pesan Cik Ujang. (Sfr)

Exit mobile version