pemkab muba pemkab muba
Ekonomi & Bisnis

Begini Cara Perawatan Aki Honda Vario 125

398
×

Begini Cara Perawatan Aki Honda Vario 125

Sebarkan artikel ini
Aki Honda Vario 125 adalah kelengkapan motor yang berfungsi sebagai sumber tenaga listrik. Berikut ini adalah informasi seputar manfaat serta cara perawatan yang benar. 
pemkab muba pemkab muba

Beritamusi.co.id – Aki Honda Vario 125 adalah kelengkapan motor yang berfungsi sebagai sumber tenaga listrik. Berikut ini adalah informasi seputar manfaat serta cara perawatan yang benar. 

Manfaatnya untuk Mesin Motor yang Kompleks 

Apabila berbicara tentang perlengkapan sepeda motor, pengendara pasti tahu bahwa banyak sekali perlengkapan yang digunakan. Semakin besar mesin, semakin kompleks mesin dan komponen di dalamnya.

Salah satunya adalah aki sepeda motor, dimana  AKI atau ACCU adalah alat yang ada di setiap mesin, termasuk pada motor Honda Vario 125. Alat ini berisi listrik dan digunakan untuk menghidupkan mesin dengan starter atau tombol. 

Selain itu, aki motor juga membantu mensirkulasikan listrik sehingga lampu, sinyal, dan klakson dapat dinyalakan. Sehingga, tentu nilai fungsionalnya memang sangat tinggi. 

Fungsi Aki yang Sangat Banyak

Apabila dilihat dari artinya, sebenarnya fungsi aki motor lebih banyak. Pertama Anda dapat memberikan daya ke sistem informasi sepeda motor melalui panel, memberi tegangan referensi ke ECU mesin injeksi bahan bakar dan menyalakan sistem yang disebut pompa bahan bakar saat mesin dihidupkan. 

Hal yang Dibutuhkan untuk Merawat Aki

Perlu dipahami bahwa kondisi aki sering kurang baik karena faktor seperti kebanjiran bisa membuat kendaraan Anda rusak. Ini ditandai dengan aki tidak bisa membantu mesin berjalan normal. Sehingga, pastikan untuk mengganti aki Honda Vario 125 secara rutin untuk memastikan bahwa motor Anda tidak mengalami masalah akibat kerusakan aki. 

Pentingnya Service Rutin

Apabila ingin mesin tetap sehat dan aki tetap hidup, salah satu cara agar motor selalu aman adalah dengan melakukan pemeriksaan rutin. Menurut beberapa perusahaan, salah satu bagian mesin yang tidak bisa diperbaiki sendiri adalah aki motor motor. 

Apabila kemudian menjadi rusak, aki akan langsung mengalami keadaan mati dan tidak akan bisa membantu mesin berjalan. Pengemudi mungkin tidak tahu kapan aki motor kosong. Dengan demikian, sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan mesin secara teratur supaya bisa membantu mengatasi dan menghindari masalah ini.

Modifikasi Motor dengan Bijak

 

Agar bisa merawat aki dengan baik dan juga tahan lama, Anda harus memperhatikan aksesoris motor matic yang digunakan. Tentunya, modifikasi seperti lampu dan juga klakson akan mempengaruhi performa motor. 

Berbeda lagi dengan modifikasi spion atau grip, tentu tidak mempengaruhi kinerja aki. Dengan demikian, ada baiknya Anda melakukan konsultasi sebelum memodifikasi motor, apakah bisa menyebabkan motor soak atau tidak. 

Jangan Memaksakan Starter

Masalah yang paling sering dihadapi oleh pengendara sepeda motor adalah penggunaan starter.  Apabila hal ini terjadi, aki motor akan ditampilkan sebagai rusak. Mesinnya bermasalah, jadi Anda tidak bisa mendorongnya kembali. 

Coba ganti starter yang Anda gunakan dengan peluncur kaki. Ini sangat penting untuk motor terutama yang jenis matic dengan sistem mati otomatis ketika standar sampingnya diturunkan. 

Panaskan Motor Secara Berkala

Terakhir, untuk mencegah agar aki sepeda motor tidak cepat aus dan rusak dengan memastikan mesin dipanasi setiap hari. Alokasi waktunya cukup sebentar, hanya kurang lebih 10 menit setiap hari. 

Siapa sangka, ternyata manfaat memanasi motor sangat penting, yaitu agar mesin tidak terlalu dingin dan juga konsisten. Dengan  memanaskan mesin, motor akan dapat bekerja dan dirangsang untuk penggunaan sehari-hari.

Itulah beberapa informasi perawatan aki Honda Vario 125 agar awet. Dengan demikian, pemilik kendaraan harus ingat apabila penggantian dan pembelian aki baru harus di tempat yang terpercaya, serta produknya original.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *