oleh

Kapolri Minta Langkah Luar Biasa untuk Kendalikan Laju Pertumbuhan Covid-19

PANGKALPINANG – Meningkatnya laju pertumbuhan Covid-19 di luar Pulau Jawa dalam dua pekan terakhir turut menjadi perhatian Kapolri  Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.

Kapolri meminta agar perlunya dilakukan langkah-langkah ekstraordinary di wilayah luar Pulau Jawa dan Bali sehingga laju pertumbuhan Covid-19 bisa dikendalikan.

Hal ini disampaikannya saat melakukan doorstop dihadapan media dalam kunjungan kerja ke Polda Kepulauan Bangka Belitung dalam rangka Penanganan Covid-19 di Provinsi Babel, Sabtu (14/8/21) sore.

“Beberapa hari ini seperti apa yang disampaikan oleh Panglima TNI kita melakukan peninjauan langsung ke Pulau yang ada diluar jawa karena memang dalam 2 minggu ini terjadi perubahan episentrum laju pertumbuhan covid,” kata Kapolri.

Kapolri mengungkapkan beberapa langkah yang dilakukan mulai dari kegiatan pembatasan untuk wilayah di level 4 dan  wilayah yang diberikan kelonggaran harus benar-benar ditegakkan aturan dan dilaksanakan protokol kesehatan.

Selain itu, Pimpinan Tertinggi Korps Bhayangkara ini juga mendorong masyarakat yang selama ini masih memilih untuk melaksanakan isolasi mandiri agar bergeser ke tempat-tempat isolasi terpadu yang sudah memang disiapkan dan memiliki tenaga kesehatan yang cukup serta pengawasan dan perawatan terhadap pasien yang jauh lebih baik dibandingkan dengan isolasi mandiri.

“Dan ini harus dilaksanakan sehingga masyarakat dirawat betul-betul bisa sembuh, kemudian resiko terjadi adanya penularan dengan isolasi mandiri yang tidak terdetek ini bisa terhindari,” pintanya.

Lebih lanjut, Kapolri mengungkapkan segala kekurangan yang dilaporkan baik oksigen ataupun stok obat-obatan bisa segera ditambahkan sehingga semua kesiapan di wilayah Babel bisa dimaksimalkan untuk mengendalikan laju pertumbuhan Covid-19.

Pada kesempatan itu, Kapolri juga mengimbau masyarakat agar aturan-aturan pembatasan pengaturan yang diberikan oleh pemerintah yang akan ditindaklanjuti oleh pemda bekerjasama dengan TNI dan Polri bisa dipatuhi dan dilaksanakan mengingat hal tersebut dilakukan untuk keselamatan masyarakat.

Terkait dengan kebutuhan yang ada, Jenderal Listyo meminta agar bantuan sosial baik dari pemeritah pusat, pemerintah daerah, dan juga TNI-Polri ini benar-benar sampai ke masyarakat yang terdampak sehingga semuanya bisa berjalan dengan baik.

“Harapan kami di Babel akan tumbuh dan saat ini ada diposisi 6.8 sudah mendekati angka nasional dan kalau ini bisa dikelola dengan baik ekonomi akan baik dan kesehatan akan jauh lebih baik,” pungkasnya. (EDI)

Komentar

Berita Lainnya