oleh

Kapolda Babel Tegaskan Penerimaan Terpadu Calon Taruna/Taruni Akpol 2021 Bersih dan Transparan

PANGKALPINANG – Kapolda Kepulauan Bangka Belitung, Irjen Anang Syarif Hidayat menghadiri kegiatan sidang akhir penentuan kelulusan tingkat panitia daerah (panda) penerimaan terpadu calon taruna/taruni Akpol di Gedung Tribarata Mapolda Babel, Rabu (23/6/2021).

“Seperti yang kita ketahui bersama bahwa pada tahun ini diselenggarakan seleksi terpadu anggota Polri tahun anggaran 2021 tingkat panitia daerah Polda Babel melalui jalur akpol, yang terselenggara sejak bulan Maret hingga Juni tahun 2021,” kata Kapolda dalam sambutannya.

Kapolda mengungkapkan, animo peserta Akpol pada tahun ini sebanyak 82 orang, dan hingga saat ini tersisa 14 orang, yang terdiri dari 2 wanita dan 12 pria.

Dijelaskan Kapolda, tahapan seleksi di panitia daerah Polda Babel dimulai dari tahap pendaftaran dan verifikasi, pemeriksaan administrasi awal, pemeriksaan kesehatan tahap I, psikologi tahap I dengan menggunakan sistem cat, tes cat akademik, uji kesamaptaan jasmani, rikkes tahap II, wawancara psikologi tahap II dan penelusuran mental kepribadian.

“Perlu disampaikan bahwa rangkaian kegiatan seleksi penerimaan terpadu Taruna/i Akpol TA. 2021 dilaksanakan dengan proses yang bersih, transparan, akuntabel dan humanis, serta clear and clean,” tegasnya.

“Dan Polri juga berkomitmen pada semua proses penerimaan calon Anggota Polri tidak ada KKN, broker, pungli, apalagi rekayasa dan konspirasi serta menerapkan diskualifikasi bagi peserta seleksi yang menggunakan sponsorship maupun memo. Sehingga saat ini telah tersaring sebanyak empat orang yang terdiri dari 3 pria dan 1 wanita untuk melanjutkan perjuangan mengikuti seleksi ke tingkat pusat,” sambungnya.

Pada kesempatan itu, Kapolda juga menyampaikan ucapan selamat kepada tiga calon taruna dan 1 calon taruni akpol yang dinyatakan lulus terpilih untuk mengikuti seleksi tingkat pusat.

“Jaga baik nama Polda Babel, optimalkan kemampuan dan perilaku yang terpuji selama tes seleksi di tingkat pusat. Saya mendoakan semoga kuota didik akpol untuk polda kep. Babel tetap 4 orang. Dan kepada peserta yang dinyatakan lulus tidak terpilih, jangan berkecil hati. Tingkatkan kompetensi dan kemampuan untuk bersaing kembali di tahun depan,” pesannya.

Selain itu, Kapolda juga menyampaikan berita baik bagi peserta yang dinyatakan lulus tidak terpilih di tingkat panitia daerah, berdasarkan Surat Kapolri Nomor : b/4062/vi/dik.2.1./2021/SSDM.

Dalam surat tersebut berbunyi, memberikan kesempatan kepada peringkat 20 terbaik yang lulus tidak terpilih di tingkat panda menuju giat seleksi tingkat pusat di akpol untuk ditawarkan mengikuti pendidikan pembentukan bintara polri tahun anggaran 2021 kecuali Polwan karena kuota pendidikan di se-Polwan sudah terpenuhi,” terangnya. (EDI)

Komentar

Berita Lainnya