oleh

Jumlah Pengangguran di Ogan Ilir Capai 2.902 Orang

Ilustrasi : wikipedia
Ilustrasi : wikipedia

INDERALAYA I Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Ogan Ilir mencatat hingga tutup buku 2015  tingkat pengangguran di Kabupaten Ogan Ilir terbilang masih cukup tinggi mencapai agregat 2.902 orang. Jumlah pengangguran tahun 2015 cenderung turun sekitar 0,2% dibandingkan tahun 2014 lalu.

Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja Disnakertrans OI Suharsono menegaskan dari jumlah penduduk OI sekitar 428.382 penduduk, yang terserap kerja baik itu PNS, kerja formal maupun informal sebanyak 383.813 orang.

“Rata-rata usia kerja mereka antara 15-60tahun. Dari jumlah tersebut sekitar 2.902 orang atau 3,5% termasuk dalam pengangguran terbuka,”katanya.

Menurut dia, penurunan angka pengangguran sebenarnya sudah terjadi sejak lima tahun terakhir. Hal ini berkat kerjasama dan usaha dari pihak disnakertrans OI dengan berbagai perusahaan baik dalam maupun luar negeri.

Untuk sementara, kata dia, pihaknya baru melakukan kerjasama dengan beberapa perusahaan yang ada di Batam.

“Sampai saat ini, kami intens mengadakan pelatihan-pelatihan, terus mencari dan berusaha melakukan kerjasama dengan berbagai perusahaan guna menekan tingkat pengangguran di OI,”jelasnya.

Dia mengklaim ditahun ini angka pengangguran ditarget turun seiring dengan upaya ekstensifikasi dalam menekan pengangguran.

Sementara itu, Kepala Disnakertrans OI Afrizal Hasyim menambahkan dari sejumlah penduduk OI, yang termasuk bukan angkatan kerja yaitu ada sebanyak 99.106 orang yaitu yang berusia dibawah 15tahun dan berusia diatas 60tahun.

“Kami senantiasa membuka diri menjalin kerjasama dengan sejumlah perusahaan, baik perusahaan lokal yang berinvestasi di OI maupun dengan perusahaan luar Sumsel hingga luar negeri,”tuturnya (ST)

Komentar

Berita Lainnya