oleh

Harga TBS Sawit di Bangka Rp 2.100 per Kilogram

SUNGAILIAT – Harga Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit di Kabupaten Bangka kini sudah mencapai Rp2100 per kilogram.

Bupati Bangka Mulkan mengakui jika diawal dirinya menjadi kepala daerah, harga sawit mengalami kemerosotan.

“Saat itu harga Rp600 per kilogram. Luar biasa. Mungkin ini cobaan diawal kepemimpinan saya bersama pak Syahbudin,” kata Mulkan saat peresmian pabrik sawit PT Mitra Agro Sembada (MAS) di Desa Labu, Kecamatan Puding Besar, Kabupaten Bangka, Jumat (5/3).

Bukan hanya soal harga, sawit juga tambah Mulkan mengalami pro dan kontra di masyarakat. Dicontohkan, masyarakat Desa Neknang sempat demo karena tidak setuju dengan adanya perkebunan sawit yang ada di desa.

“Mereka belum merasakan kenikmatan, tetapi setelah perkembangan tahun ke tahun dan juga dengan adanya perkebunan yang sangat luas, dan adanya pabrik yang beberapa unit telah berdiri di Kabupaten Bangka ini, berapa kenikmatan mereka rasakan,” bebernya.

Dikatakan Mulkan, jika dahulu, masyarakat hanya terfokus dengan komoditi karet dan lada, dan belum berpikir dengan sawit.

“Apalagi dulu sawit ini ada sisi negatifnya, bahwa air akan habis, nanti tanah kita akan kritis, itu yang ditakuti masyarakat,” kata Mulkan.

Saat ini kata Mulkan, perkebunan sawit menjadi salah satu sektor perkebunan unggulan di Kabupaten Bangka.

Direktur Utama PT PT Mitra Agro Sembada Anen Chandra Tjen mengatakan, harga beli TBS adalah Rp2100 per kilogram. Harga ini bergantung dengan harga CPO tingkat dunia.

“Kita sudah bekerjasama dengan Bumdes, Gapoktan setempat untuk menerima TBS masyarakat ataupun petani yang nantinya dikirimkan ke pabrik PT MAS,” kata dia.

Dikatakannya, pihaknya bersama pemerintah daerah akan mewujudkan perekonomian yang berdaya saing dan berkelanjutan. Sehingga kedepan dapat bersinergi mensukseskan pembangunan di Kabupaten Bangka. (Doni)

Komentar

Berita Lainnya