oleh

Harga Gula Pasir Meroket Tembus Rp18.000

Banyuasin | Harga gula pasir eceran di Kabupaten Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan meroket, dari harga 12.000/kg kini mencapai Rp.18.000/kg terpantau di pasar tradisional Pangkalan Balai, sementara di warung eceran bervariasi 19.000 – 20.000/kg nya.

Pemilik warung manisan Rasmintika, warga Dusun 1 Desa Tebing Abang Kec, Rantau Bayur Banyuasin mengatakan, harga gula pasir memang naik yang sebelumnya Rp12ribu per Kg kini menjadi  Rp.18ribu setiap kilogramnya.

Menurutnya, melonjaknya harga gula ini karena memang harga dari pengepul juga naik. “Iya harga gula memang naik karena memang dari pengepulnya juga naik,”jelasnya.

Menyikapi hal ini, Kabit Perdagangan Diskoperindag dan UKM Budiman mengakui satu bulan terakhir harga gula memang melonjak naik.

“Memang dalam 1 bulan terakhir harga gula melonjak naik dari harga 12.500 menjadi sekitar Rp17.000 hingga Rp18.000 hampir secara nasional,”kata budi.

hal tersebut tambah dia, dikarenakan stok gula untuk memenuhi kebutuhan masyarakat kurang akibat produksi dalam negeri yang menurun dan panen tebu yang mengalami keterlambatan akibat cuaca.

“kita sudah berkoordinasi dengan dinas perdagangan prov sumsel dan bulog drive sumsel terkait hal tersebut dan dalam waktu dekat pemerintah pusat akan mengimpor gula guna memenuhi stok kebutuhan masyarakat,” paparnya melalui pesan singkat whatsapp. (Irawan)

Komentar

Berita Lainnya