oleh

Di HKG PKK ke-49, PKK Muara Enim Kenalkan Batik Motif Duku Kuning Mas

MUARA ENIM – Guna memperingati Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-49 Tingkat Kabupaten Muara Enim Tahun 2021, Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Muara Enim melaunching Kain Batik Serasan Motif Duku Kuning Mas.

Kain itu hasil karya Ketua TP PKK Kabupaten Muara Enim Hj Renny Devi A Nasrun Umar, yang ditandai dengan penyerahan Surat Pencatatan Ciptaan dari Ketua TP PKK Kabupaten Muara Enim kepada Penjabat (Pj) Bupati Muara Enim H Nasrun Umar (HNU), Selasa pagi (28/09) di Balai Agung Serasan Sekundang, Kota Muara Enim.

Dalam kesempatan tersebut HNU mengungkapkan bahwa Surat Pencatatan Ciptaan dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Republik Indonesia ini dapat menjadi motivasi bagi Desa-desa lain di setiap sudut Bumi Serasan Sekundang yang memiliki kekhasan terhadap produk masing-masing.

“One Village One Product’ yang harus kita branding yang mampu mengangkat nama Kabupaten Muara Enim, mengangkat taraf hidup ekonomi masyarakat, karena mulainya roda perekonomian di Kabupaten ini harus dimulai dari Desa,” kata Pj Bupati saat mengungkapkan rasa bangganya.

“Kalau ini bisa kita lakukan, Saya yakin dan percaya mudah-mudahan dalam Visi Kab. Muara Enim kedepan tidak lagi mencantumkan kata sejahtera karena memang Kab. ini sebetulnya dan seharusnya sudah sejahtera,” tambahnya.

Tak hanya itu, dirinyapun meminta kepada semua pemangku kepentingan untuk bergerak cepat utamanya dalam mendaftarkan Karya-karya ke Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) ke Kemenkumham RI seperti Kain Songket Mak Raje khas Muara Enim dan karya-karya lainnnya karena di zaman sekarang ini hal tersebut sudah menjadi tuntutan.

“Kalau tidak cepat, maka kita akan ketinggalan bahkan karya tersebut berkemungkinan dapat diklaim oleh pihak lain. secepatnya kita petenkan Kain Songket Mak Raje ini,” tegas Pj Bupati mengajak bapak Edi Saidi pengrajin songket yang berasal dari Desa Tanjung Jati selaku penemu Motif Mak Raje tersebut.

Di akhir sambutannya Pj Bupati yang juga sebagai Ketua Pembina TP PKK Kabupaten Muara Enim menyatakan siap untuk terus memberikan dukungan kepada TP PKK Kabupaten Muara Enim dalam segala hal dan tentunya dengan satu catatan serta laporan bahwa apa saja yang dilakukan TP PKK harus bermuara pada kesejahteraan masyarakat Kabupaten Muara Enim.

“Selamat memperingati HKG PKK ke-49 Tingkat Kabupaten Muara Enim tahun 2021, Semoga TP PKK Kabupaten Muara Enim dapat bekerja dengan baik, menjalankan tugas dan fungsinya dengan amanah dan profesional demi akselerasi pembangunan maupun kesejahteraan masyarakat di Bumi Serasan Sekundang,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kabupaten Muara Enim Hj Renny Devi A Nasrun Umar mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan Pemkab Muara Enim dan stakeholder tekait lainnya terhadap eksis-nya PKK sampai saat ini.

Kedepan, sesuai dengan tema HKG tahun ini yaitu ‘Tingkatkan Kinerja yang Selaras dengan Program Pemerintah,’ kami (TP PKK Kabupaten Muara Enim) akan siap meningkatkan kinerja, memaksimalkan peran dalam mewujudkan visi dan misi Gerakan PKK, terutama melaksanakan 10 (sepuluh) Program Pokok PKK yang selaras dengan visi dan misi #MERAKYAT Muara Enim untuk Rakyat.  (Rahmad)

Komentar

Berita Lainnya