oleh

BPJS Kesehatan di Lahat Kembali Layani Berobat Gratis

LAHAT – Sempat menggunakan KK dan KTP pelayanan berobat gratis di Kabupaten Lahat, yang dicanangkan Bupati-Wakil Bupati Lahat, Cik Ujang SH dan H Haryanto SE MM MBA, terhitung Mei 2021 kembali dilayani oleh BPJS Kesehatan.

Kelebihannya, saat ini masyarakat yang berobat ke seluruh indonesia dengan gratis dan bisa dirujuk sampai ke fasilitas pelayanan tertinggi sesuai dengan penyakitnya.

Hal ini seperti dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lahat, Taufik M Putra SKM Mkes melalui Kabid Pelayanan Kesehatan H Ubaidillah SKM Mkes. Diungkapkanya, pelayanan berobat gratis di Kabupaten Lahat tahun 2019 menggunakan BPJS Kesehatan, kemudian tahun 2020 menggunakan KK dan KTP dan pada 2021 kembali menggunakan BPJS Kesehatan.

“Ya, kita sudah melakukan MoU dengan BPJS Kesehatan pada April 2020 lalu, tapi untuk pelaksanaan di mulai pada Mei 2021 sudah melayani (BPJS Kesehatan),” ujarnya, Rabu (23/6).

Bagi masyarakat yang sudah mempunyai atau terdaftar di BPJS Kesehatan dapat melakukan pengecekan di Puskesmas masing-masing, mengingat secara otomatis akan aktif.

Akan tetapi, bagi masyarakat yang belum terdaftar di BPJS Kesehatan dapat melakukan pendaftaran di Dinas Kesehatan, nantinya akan diberikan surat pengantar ke BPJS Kesehatan.

“Jadi kartu non aktif sekarang sudah aktif lagi atau datang langsung ke puskesmas untuk melakukan pengecekan, kecuali untuk daftar baru, yang selama ini belum terdaftar bisa daftar ke kami,” ungkapnya.

Program berobat gratis Pemkab Lahat ini dibayar melalui BPJS Kesehatan dan ditanggung Pemkab Lahat pembayarannya, dengan dilayani di kelas III untuk rumah sakit.

“Sekarang berobat bisa di seluruh Indonesia, sesuai dengan penyakitnya akan dirujuk sampai ke fasilitas pelayanan tertinggi,” sampainya. (Ean)

Komentar

Berita Lainnya