Kwarda Sumsel Gelar Pelatihan Satgas Pramuka Peduli se-Sumatera Selatan

user
rian 28 Juli 2022, 20:12 WIB
untitled

PALEMBANG - Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Sumatera Selatan untuk pertama kalinya gelar pelatihan Satuan tugas (Satgas) Pramuka Peduli Kwarda Sumsel, Kamis (28/07/22) di gedung B wisma atlet Jakabaring Sport City Palembang.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Sekretaris Kwarda Sumsel Kak Hasanuddin, S.Pd, M.Si.

Walaupun kegiatan ini dilakukan untuk yang pertama kali, namun tak mengurangi animo pramuka penegak yang berpartisipasi dalam kegiatan pelatihan satgas pramuka peduli kwarda Sumsel ini. Tak kurang dari 62 orang penegak pramuka dari seluruh kwartir cabang yang ada di wilayah Sumatera Selatan dan akan dilaksanakan dalam 3 hari kedepan yaitu tanggal 28 sampai 30 Juli 2022

Ketua Kwatir Daerah Sumatera Selatan melalui sekretaris Kwarda Sumsel menyampaikan bahwa pelatihan ini sangat penting bagi pramuka peduli untuk menambah kemampuan menolong orang lain yang terkena bencana. "Pelatihan ini untuk memberikan edukasi positif dalam memberikan pertolongan bencana, dan kita punya lembaga yaitu Pramuka Peduli kwartir Daerah sumatera Selatan melalui lembaga inilah terciptanya kegiatan ini dan insyaAllah ini embrio cikal bakal terbentuknya pramuka peduli di seluruh kwarcab se-Sumatera Selatan," ungkapnya.

Ketua Yayasan pembina lembaga(YPLP) PGRI Sumsel ini juga berharap kedepannya nanti pramuka peduli bukan hanya sekedar wadah dan ada namanya saja namun minim kontribusi terhadap sesama. "Ke depannya bahwa bagaimana peran aktif pramuka peduli ini dalam penanggulangan bencana baik itu bencana gempa, gunung meletus atau banjir dan lain lain sehingga pramuka tidak hanya berpangku tangan ketika ada bencana tersebut," pungkasnya.

Sementara itu, Ketua pelaksana kegiatan pelatihan Satgas pramuka peduli Dra Hj Sri Atika MM menyampaikan ungkapan rasa syukur yang luar biasa atas peran serta panitia dan antusias peserta yang berpartisipasi dalam kegiatan ini.

"Alhamdulillah antusias pesertanya luar biasa, semua perwakilan dari kwartir cabang se Sumatera Selatan terwakili dan saya ucapkan terimakasih kepada seluruh panitia yang sudah bekerja keras untuk kesuksesan kegiatan ini," ujarnya.

Tika menambahkan bahwa sangat berharap kegiatan pramuka peduli ini menjadi pemantik perubahan watak dan perilaku terhadap sekitarnya. "Mudah mudahan pelatihan ini menumbuhkan jiwa sosial yang tinggi, kepedulian terhadap masyarakat maupun bangsa dan negara terutama keluarga dan sesama anggota pramuka itu sendiri serta ini adalah pengejawantahan dari dasa darma dan Tri Satya," pungkasnya.

Hadir dalam pembukaan kegiatan pelatihan satuan tugas pramuka peduli ini Aris Saputra S Sos M Si, Perwakilan dari Badan penanggulangan bencana daerah, perwakilan Badan SAR Nasional Kota Palembang yang juga sebagai pemateri dalam kegiatan tersebut. (Ade)

Credits

Bagikan