Jumlah Orang Gila di Empat Lawang Meningkat

user
admin 14 Mei 2016, 10:47 WIB
untitled

TEBING TINGGI I Banyak faktor yang menyebabkan seseorang mengalami gangguan jiwa, bisa karena keinginan yang tidak tercapai yang menyebabkan depresi yang tinggi atau faktor keturunan. Keberadaan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di kabupaten Empat Lawang sampai saat ini masih terus mengalami peningkatan, dimana yang tercatat di Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Empat Lawang hingga triwulan pertama di 2016 atau dari Januari hingga Maret yang lalu sebanyak 261 orang pasien ODGJ, dan 58 orang diantaranya dalam keadaan pasung.

" Itu data terakhir kami di triwulan pertama, yaitu dari bulan januari hingga maret, data terbaru hingga april sudah ada, tapi belum selesai kami rekap, dan akan ada kemungkinan meningkat lagi." Ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Empat Lawang, M Taufik melalui Kabid Pelayanan Kesehatan (Yankes), Nurul Aliya.

Dilanjutkannya, bahwa pihaknya banyak mengalami kendala saat hendak merujuk para pasien ODGJ ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ), dan diantara kendala yang dapat salah satunya dari keluarga pasien sendiri yang malu kalau sampai kelurganya itu dibawa ke RSJ.

"Itulah yang menjadi kendala kami, padahalkan kami murni membantu, dan biayanya pun gratis tanpa dipungut biaya." Katanya

Dia juga menambahkan kalau, banyak yang tidak memahami bahwa tanggung jawab terhadap ODGJ adalah tanggung jawab bersama, dan banyak pihak yang terlibat dan bertanggung jawab dalam penanganan ODGJ itu.

"Kalau ini bisa berjalan baik, pihak terkait lainnya bisa bekerjasama dengan baik, insyaAllah akan berjalan baik penangan ODGJ ini. Yang menjadi tujuan kita bersama adalah meminimalisir jumlah keberadaan ODGJ di Empat Lawang," Pungkasnya (Ridi)

Credits

Bagikan