Hari Pertama Kerja 2022, Gubernur Ajak ASN Babel Kobarkan Semangat Baru

user
rian 03 Januari 2022, 14:44 WIB
untitled

PANGKALPINANG - Menyambut hari pertama kerja di Tahun 2022, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman mengajak para Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov. Babel) untuk senantiasa menjaga kekompakan dan memiliki semangat baru dalam menunaikan tugas.

“Menyongsong tahun baru 2022, saya minta kepada ASN kobarkan semangat baru dalam bekerja, dan jaga selalu kekompakan. Jangan ada faksi-faksi yang akan melemahkan kebijakan daerah kita," ujar gubernur, Senin (3/1/2022).

Hal itu dikatakan gubernur saat memimpin Rapat Pimpinan terkait Evaluasi Pembangunan Daerah Tahun Anggaran 2021 dan Persiapan Pelaksanaan Pembangunan Daerah Tahun Anggaran 2022 yang dihadiri Wakil Gubernur Abdul Fatah, Sekretaris Daerah Naziarto, serta seluruh pejabat eselon II di Pemprov. Babel.

Pada kesempatan itu juga, gubernur mengajak para ASN Pemprov. Babel untuk lebih kreatif dan inovatif dalam mencari sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) lain, dikarenakan Babel sebagai provinsi kepulauan sulit bersaing jika disandingkan dengan provinsi yang didominasi daratan, ditambah penghitungan pembagian Dana Alokasi Umum (DAU) hingga saat ini mengacu pada luas daratan dan jumlah penduduk.

Ia mencontohkan seperti dengan berkembangnya usaha budi daya tambak udang, kita jangan hanya menjadi penonton, dapatkan pendapatan dari pemeriksaan kadar air yang dikeluarkan dari IPAL. Selain langkah kreatif, juga diperlukan langkah cepat, seperti percepatan program _food estate._

"Selain itu, kita juga harus perlu melakukan secepatnya hilirisasi di sektor pertambangan timah," ungkapnya.

Berkenaan arahan Presiden terkait reformasi birokrasi yang mengharuskan jabatan struktural eselon III dan IV untuk menjadi jabatan fungsional, juga menjadi bahasan dalam rapat tersebut. Gubernur menekankan kepada pejabat fungsional yang baru dilantik untuk tetap bekerja sebagaimana sebelumnya termasuk pengelolaan kegiatan rutin, sebab koordinator dan sub koordinator pelaksana tugas diberikan kelas jabatan sebagaimana jabatan administrasi yang diduduki sebelumnya.

"Saya minta kepada para ASN untuk bekerjalah secara profesional. Kepada kepala Perangkat Daerah segera rapatkan untuk tentukan _job description_ masing-masing ASN, agar tidak terjadi ketidaksepahaman," ungkapnya.

"Kerja ini merupakan lahan ibadah, kepada Kepala BKPSDMD saya berpesan pada tahun 2023 tingkatkan anggaran untuk beasiswa pendidikan dan pembinaan bagi kawan-kawan ASN kita," tutup gubernur.

Sementara itu Wakil Gubernur menginstruksikan kepada Kepala Perangkat Daerah untuk segera menyusun laporan pertanggungjawaban 5 tahun kepemimpinan mereka, dan harus disesuaikan dengan RPJMD apakah sudah sesuai.

"Segera susun laporan capaian 2017-2022, di mana tolak ukurnya yaitu RPJMD. Capaian masa lalu, masa kini, dan target masa mendatang," pungkasnya. (Doni)

Credits

Bagikan